-->

HUT RI Ke-76, Apel Kehormatan Bagi Pahlawan Telah Gugur Di Medan Juang

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H. Satono, Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, Ketua DPRD Sambas H. Abu dan Pimpinan Forkompinda saat melaksanakan apel kehormatan renungan suci memperingati 76 Tahun Kemerdekaan RI. Selasa Dini Hari. Selasa (17/8/2021)

Kabarsambas.com
-Apel Kehormatan dan Renungan Suci memperingati 76 Tahun Kemerderkaan Republik Indonesia berlangsung Khidmat.


Apel kehormatan dipimpin langsung Komandan Kodim 1208 Sambas, Letkol Inf Setyo B SH MTr (Han). Apel tersebut diikuti Bupati Sambas, Wakil Bupati Sambas, Ketua DPRD Kab Sambas, Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Ketua Pengadilan Agama Sambas, Kapolres Sambas, Dandim 1208 Sambas, Sekda Sambas dan pejabat eselon II Pemerintah Kabupaten Sambas. 



Apel kehormatan dan Renungan Suci merupakan agenda resmi yang masuk dalam rangkaian acara peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar di Taman Makam Pahlawan Sambas, yang menempatkan peristirahatan 21 pejuang rakyat, dan 1dari TNI di Desa Saing Rambi Kecamatan Sambas. Pelaksanaan momentum seremonial itu, sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan kehidupan mereka untuk kemerdekaan Republik Indonesia.



Apel renungan berlangsung kurang lebih 15 menit, didukung pasukan TNI Polri, Satuan Pol PP, Gerakan Pramuka dan grup paduan musik terompet mengiringi khidmatnya pelaksanan kegiatan yang tepat dimulai pukul 00.00 wiba tanggal 17 Agustus 2021.



Puncak apel kehormatan dan renungan suci ditandai dengan penghormatan terakhir dipimpin langsung Pemimpin Upacara dan iringan terompet. Dilanjutkan dengan penyalaan lampu lilin dipusara-pusara pejuang kemerdekaan. Semua rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab Sambas ikut menyalakan lilin di pusara-pusara pejuang yang terdiri dari 1 pejuang TNI dan 21 pejuang rakyat.



"Kami yang hadir hari ini, Selasa 17 Agustus 2021 pukul 00.00 wiba pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam ditaman makam ini, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas pengorbanan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," Kata Inspektur Upacara.



"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami juga, dan jalan yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa supaya arwah saudara-saudara semua diterima di Sisi-Nya," tambah Inspektur Upacara.



Sementara Ketua DPRD Sambas, H Abu Bakar SPd I, secara pribadi menyebutkan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci memiliki makna yang sangat luas.

 


Dikatakan dia, bangsa ini bagaimanapun tidak bisa melupakan Rahmat Allah SWT yang telah memberikan kemerdekaan kepada bangsa yang besar ini.



"Apel kehormatan dan renungan suci ini, sebagai bentuk kita, bangsa Indonesia bersyukur atas nikmat Allah yang telah memberikan kita kemerdekaan, yang direbut oleh para pejuang terdahulu. Dan apel ini tentunya sebagai salah satu bentuk kita berterima kasih kepada pejuang kita. Dan saatnya giliran kita mengisi kemerdekaan ini," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini