Dukung Pengembalian Citra Jeruk Pontianak Menjadi Jeruk Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan. Selasa (24/8/2021)

Kabarsambas.com
-Pemerintah Kabupaten Sambas berusaha untuk mengembalikan citra nama jeruk Pontianak menjadi Jeruk Sambas.


Hal ini beberapa kali diutarakan oleh Bupati Sambas H Satono, bahkan telah juga disampaikan ke Kementerian Pertanian.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan mendukung upaya pemerintah Sambas untuk pengembalian nama jeruk Pontianak menjadi jeruk Sambas.


"Mengembalikan citra jeruk Pontianak menjadi jeruk Sambas adalah sebuah keharusan, dikarenakan memang jeruk tersebut berasal dari kabupaten Sambas," ujarnya. Selasa (24/8/2021)


Selain itu Legislator PDI-P ini juga mendorong pemerintah kabupaten Sambas undangan melakukan pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ke kemenkumham.


"Ya, kita juga mendorong pemerintah untuk mendaftarkan HAKI ke kemenkumham, secara tidak langsung ini akan mengangkat citra pertani dan pertanian kabupaten Sambas di nasional," jelasnya.


Ferdinan yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Sambas asal kecamatan Tebas ini mengungkapkan selain upaya untuk pengembalian jeruk Sambas disisi lain juga harus di iringi dengan peningkatan intensifikasi dan inovasi produksi.


"Tentu kedepannya produksi jeruk Sambas harus selalu kontinyu maka diperlukan inovasi serta upaya hilirisasi juga untuk di usahakan," tuturnya.


Untuk mewujudkan itu semua kata Ferdinan pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai upaya perlindungan dan proteksi kepada petani jeruk.


"Petani adalah sasaran utama untuk meningkatkan produktivitas maka dalam hal ini pemerintah meski ditengah-tengah petani terutama dalam pemenuhan dalam pertanian jeruk," katanya.


Kemudian teknologi-teknologi penganekaragaman produk juga menjadi faktor penting dan kemudian membuka dan mencari pasar-pasar baru juga penting agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani.


"Maka konsep One Village One Product yang dicanangkan pemerintah kabupaten Sambas  menjadi sebuah terobosan yang harus di lakukan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini