-->


Hasilkan 7,6 Ton Padi Per hektar, DPRD Apresiasi Program Agro Sulution

Editor: Admin author photo

Ket: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Syolihan saat menghadiri rembuk solusi program agro Sulution setelah melaksanakan panen raya di desa perapakan kecamatan Pemangkat. Senin (5/7/2021)

Kabarsambas.com-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ferdinan Syolihan menghadiri panen raya kelompok tani Pelita 1 di desa Perapakan Kecamatan Pemangkat.


Dirinya mengatakan program Agro Solution yang diprakarsai oleh PT Puncak Mendala Agung ini merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani di kabupaten Sambas.



"Ya, atas nama Pemerintah Daerah dan DPRD kami berterimakasih kepada PT Puncak Mandala Agung yang sudah menginisiasi solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas," katanya.


Politisi PDI-P ini mengatakan upaya yang dilakukan melalui program Agro Sulution ini dapat meningkatkan hasil panen petani kabupaten Sambas dimana dengan menerapkan program agro Sulution petani bisa mendapatkan hasil panen mencapai 7,6 ton per hektar.


"Upaya ini adalah langkah bersama untuk membangun Kabupaten Sambas yang lebih baik dan mandiri. Karena lebih dari 70 persen masyarakat kita bekerja disektor pertanian," ujarnya.


Ferdinan mengatakan sekitar 300 ribu masyarakat yang bekerja disektor pertanian itu, namun baru 30 persen diantaranya yang mendapatkan bantuan oleh pemerintah daerah. 


"Ya, baru sekitar 30 persen yang bisa mendapat subsidi dari pemerintah daerah. Jadi program seperti ini mesti kita dorong," katanya.


Untuk itu, pihaknya meminta kepada Dinas Pertanian agar bisa menyiapkan daya yang valid untuk bisa dijadikan sebagai dasar perencanaan untuk beberapa tahun kedepan. 


"Beberapa waktu yang lalu kita kunjungan ke dinas pertanian Provinsi bersama Pak Erwin, mereka meminta validasi data, dan itu sangat penting, karena data ini juga merupakan sebuah hal yang kita butuhkan karena salah dalam perencanaan, akan tetap salah dalam penerapan dan pelaksanaan," tuturnya.

Ket: Wakil Ketua DPRD kabupaten Sambas Ferdinan Syolihan saat mengikuti panen raya program agro Sulution. Senin (5/7/2021) di desa perapakan kecamatan Pemangkat.


Wakil Ketua DPRD juga mengungkapkan adanya program Agro Solution itu, dirinya berharap hasil panen Kabupaten Sambas bisa meningkat. Data terakhir BPS setiap hektare lahan pertanian di Sambas hanya mampu menghasilkan 2,4 ton gabah. 


"Ya mudah-mudahan kedepan hasil panen kita meningkat, sebelumnya rata-rata hasil pertanian kita perhektar itu hanya 2,4 ton. Karenanya, ini bisa jadi bahan masukan untuk pemerintah daerah dan kami di DPRD," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini