-->

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Implementasi Nilai-nilai Sila Pancasila

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2021. Selasa (1/6/2021)

Kabarsambas.com-Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2021 secara nasional digelar Upacara di Istana Negara.


Presiden RI Ir Joko Widodo yang menjadi inspektur Upacara. Pimpinan Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota se Indonesia mengikuti jalannya upacara secara virtual meeting.


Pemerintah Kabupaten Sambas pada peringatan itu, menggelar upacara virtual di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Selasa (1/6/2021)


Hadir pada peringatan itu, Bupati Sambas, Sekda Kabupaten Sambas, Dandim 1208 Sambas, Kapolres Sambas, Ketua PN Sambas, Perwakilan Ketua DPRD Kab Sambas dan beberapa perwakilan Kepala OPD.


Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH, mengajak momentum Hari Lahir Pancasila untuk mengingat dan mengajak semua kembali kepada Dasar Negara kita dalam Bernegara yakni Pancasila.


“Acuan kita dalam bernegara adalah Pancasila, mari kita jaga hubungan kita implementasikan nilai-nilai sila pada Pancasila,” katanya.


Bupati mengatakan, untuk sila pertama, Bupati mengajak menjaga hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Menurut Bupati, implementasi sila pertama dalam rangka menata moralitas bangsa yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa.


“Menjaga hubungan baik dengan Tuhan kita, agar kita punya moralitas yang baik dengan Tuhan kita,” tuturnya.


Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab, lanjut Bupati mengajarkan agar kita menghadirkan sifat kemanusiaan, agar kita mengedepankan nilai-nilai adat dan etika yang baik. Sila Persatuan Indonesia jelas Bupati, untuk menjaga persatuan.


“Sebagai anak bangsa untuk terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan, memupuk rasa kebersamaan dan kecintaan terhadap NKRI,” ingat Bupati.


Bupati juga mengajak agar mengutamakan musyawarah mufakat, gotong royong dan berupaya untuk menyebar sifat rasa keadilan ditengah-tengah masyarakat. Lanjut Bupati, jika semangat pancasila ini dijaga dengan baik, menghadirkan sikap saling cinta mencintai dan hormat menghormati.


“Akan hadir rasa dan sikap toleransi dan apa yang menjadi cita-cita negara kita, dan mengingatkan bangsa kita agar senantiasa menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan perilaku kita di negara tercinta,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini