-->

Dies Natalis IAIS Sambas ke-15, Semoga Penegrian IAIS Terwujud

Editor: Admin author photo

Ket: Naskah Kerjasama Pemkab Sambas dengan IAIS Sambas. Selasa (22/6/2021)

Kabarsambas.com
-Institut Agama Islami Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS) Sambas melaksanakan Dies Natalis ke-15.


Acara yang dilaksanakan pada Selasa (22/6/2021) mengangkat Tema menghadirkan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di perbatasan negara untuk menjada kedaulatan NKRI ini dihadiri oleh Bupati Sambas H. Satono dan Ketua DPRD Sambas H.Abu Bakar.


Rektor IAIS Sambas, Dr. H. Jamiad Akadol berharap dengan kepimpinannya bupati Sambas yang baru semoga dapat memajukan kabupaten Sambas dan dapat membantu penegrian IAIS.


"Kita sangat berharap dijaman bupati Sambas H.Satono dapat memajukan kabupaten Sambas dan dapat merealisasikan penegrian IAIS," katanya.


Disampaikan Rektor IAIS sejak perpindahan ibu kota ke kabupaten Sambas IPM Sambas terjun bebas.


"Alhamdulillah dengan waktu relatif singkat Sambas berkembang pesat, sehingga pada   2016 kita disetujui menjadi STIT dan pada tahun 2010 menjadi STAIN kemudian pada tahun 2014 menjadi institusi agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin dan merupakan institusi pertama di Kalimantan," ujarnya.


Namun untuk penyelenggaraan S2 IAIS tingkat swasta baru IAIS Sambas yang mengadakan.


"Untuk tingkat swasta IAIS Sambas kita adalah yang pertama menyelenggarakan S2 sehingga kita menjadi percontohan dikalimantan," tuturnya.


Upaya penegrian IAIS Sambas kata Jamiad sejak tahun 2015 dan disetujui oleh menteri agama pada Juni 2016 namun hingga sekarang masih bergantung ke menpan.


"Maka ini merupakan bukti tanpa dukungan pemerintah proses penegrian akan sulit terealisasikan, untuk itu kita berharap bupati Sambas dapat mendorong IAIS Sambas menjadi IAIN Sambas," katanya.


Dimasa Pemdemi Covid-19 disampaikan rekor banyak kendala yang dihadapi IAIS Sambas, salah satu minat untuk kuliah terkendala dan perkuliahan juga terhadap.


"Sehingga kondisi ini kami agak kesulitan untuk berkembang dengan baik, namun saya yakin dengan bantuan Pemkab Sambas berkeyakinan IPM kita akan melonjak naik," Tutupnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini