-->

Polres Sambas Melakukan Pengamanan Perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih

Editor: Admin author photo

Foto: Kapolres Sambas AKBP Robertus B. Herry Ananto Pratikno

Kabarsambas.com-Menghadapi hari raya idul Fitri 1442 Hijrah dan kenaikan Isa almasih Polres Sambas melakukan pengamanan serta himbauan.


Dimana hari raya idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 mei dan hari Isa almasih pada tanggal 14 mei 2021.


Kapolres Sambas AKBP Robertus B. Herry Ananto Pratikno mengatakan pengamanan kali ini merupakan dua perayaan untuk Islam dan Nasrani.


Untuk pengamanan solat hari raya idul Fitri 1442 Hijriah ada sekitar 1156 mesjid dan mushola dikabupaten Sambas. Namun untuk skala prioritas ada 65 mesjid besar yang melakukan solat hari raya serta dua lapangan yakni halaman mesjid Jami' dan mesjid Babul jannah.


"Untuk anggota yang akan kita turunkan dalam pengamanan solat eid adalah sebanyak 188 personil, selain untuk mengamankan jalannya solat kita juga menghimbau kepada jemaah untuk menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.


Kemudian pada tanggal 14 mei 2021 yang bertepatan dengan hari kenaikan isa almasih. Dikabupaten Sambas ada 170 gereja namun tidak semua Gereja melaksanakan ibadah kenaikan isa almasih.


"Di sini baru 60 gereja yang yang akan melaksanakan ibadah kenaikan Isa almasih itupun daerah yang paling banyak melaksanakan adalah di kecamatan sajingan," ungkapnya.


Untuk pengamanan ibadah kenaikan isa almasih Polres Sambas menurut sebanyak 133 personil.


"Ini karena untuk mengantisipasi terkait isu permasalahan terorisme, untuk pengamanan solat eid dan kenaikan isa almasih kita bekerja sama dengan TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan pemuda Pancasila," ujarnya.


Kapolres menghimbau kepada pengurus masjid atau gereja nantinya juga harus menyiapkan sarana dan prasarana seperti pengukuran suhu dan tempat cuci tangan serta menyiapkan masker manakala ada jemaah yang kelupaan. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini