-->

Poktan Karya Usaha Tebas Panen Bawang Merah 5,9 ton Perhektar

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan Panen Raya Kelompok tani (Poktan) Karya Usaha dusun Ramin Condong desa Matang Labong kecamatan Tebas. Minggu (30/5/2021)

Kabarsambas.com
-Kelompok tani (Poktan) Karya Usaha dusun Ramin Condong desa Matang Labong kecamatan Tebas Melaksanakan Panen  bawang merah.


Panen yang dilaksanakan pada Minggu (30/5/2021) dimana hasil yang didapatkan perhektar mencapai 5,9 Ton.


Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Tebas, Suliati mengungkapkan untuk budidaya bawang merah di desa Matang Labong, mempunyai potensi lahan seluas 5 hektar.


"Dusun Ramin Cundong memang sudah berkali-kali menanam bawang  merah dan selalu berhasil. Potensi lahan untuk ditanami bawang merah di desa Matang Labong, terutama di dusun Dusun labong Ayu dan Ramin Cundong di perkirakan sekitar 5 hektar yang bisa di tanami bawang merah," katanya.


Suliati kembali mengungkapkan jika luas lahan yang di panen beberapa hari lalu meliputi Demontrasi Plot (Demoplot) dengan luas lahan 0,16 hektar.


"Ubinan dalam 1meter persegi, Kami mengambil 3 ubinan dengan hasil yang terbaik 1,9 kg, sedang 1,3 kg, kurang 1 kg. Sehingga dengan rata-rata produksi perhektar mencapai 5,9 ton. Dengan umur tanam hingga panen selama 73 hari setelah tanam," ungkapnya.


Sementara anggota DPRD kabupaten Sambas dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bagus Setiadi mengapresiasi keberhasilan Poktan Karya Usaha membudidayakan tanaman bawang merah di desa Matang Labong.


"Dalam melakukan monitoring beberapa hari lalu, Poktan Karya Usaha melakukan panen bawang merah. Dengan hasil yang sangat baik," tuturnya.


Bagus yang juga wakil ketua komisi I DPRD Sambas mengungkap bawang merah mempunyai prospek yang bagus untuk dikembangkan di kabupaten Sambas.


"Atas upaya yang dilakukan Poktan Karya Usaha diharapkan dapat ditingkatkan lagi, desa Matang Labong mempunyai potensi untuk pengembangan bawang merah," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini