-->

Dua Hektar Lahan dan Hutan Di Desa Mentibar Paloh Terbakar

Editor: Admin author photo

Foto: Kondisi Karhutla di desa Mentibar kecamatan Paloh kabupaten Sambas. Selasa (25/5/2021)

Kabarsambas.com-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi kawasan perkebunan warga di Dusun Sungai Simpur, Desa Mentibar, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. 


Diperkirakan kebakaran ini mencapai dua hektar lahan gambut. Selasa (25/5/2021).


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, Yudi mengatakan, upaya pemadaman dilakukan aparat TNI Polri, masyarakat peduli api perusahaan terdekat. Selain itu karena sumber air yang jauh, pemadaman dilakukan melalui udara dengan water boombing.


“Kita berkoodinasi dengan BPBD Provinsi Kalbar untuk melakukan water boombing menggunakan helikopter karena titik api cukup jauh dari sumber air,” ungkapnya.


Yudi mengatakan, areal kebun warga yang terbakar adalah kebun nanas, karet dan kebun sawit. Api karhutla sudah merembet ke kebun lima warga yakni kebun nanas milik Tino, kebun karet milik Karya, Hairudin dan Marabuan, serta kebun sawit milik Solihin.


Dirinya menyebutkan proses pemadaman api karhutla tersebut sempat terkendala sumber air yang jauh. Kondisi itu diperparah dengan hembusan angin yang cukup kencang sehingga api cepat membesar membakar tumbuhan kering di sekitar.


“Ya ada puluhan orang yang terlibat dalam pemadaman, mulai dari anggota Polsek Paloh, Korami Paloh dan masyarakat peduli api berdasarkan laporan yang diterima BPBD, atas usaha dan kerja keras mereka sangat saya apresiasi,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini