Menkopolhukam Launching Gerbangdutas Di PLBN Aruk

Editor: Admin author photo

Ket: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Prof Mahfud MD saat menyampaikan sambutan dan melaunching Gerbangdutas di PLBN Aruk Aruk. Jumat (9/4/2021)

Kabarsambas.com-Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Mahfud MD melaunching Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2021.


Prof Mahfud MD mengatakan launching Gerbangdutas di PLBN Aruk adalah upaya pemerintah untuk membangun wilayah perbatasan agar lebih baik. 


Kabupaten Sambas kata Mahfud merupakan satu Kabupaten yang dalam teori pertahanan disebut sebagai daerah Prontis atau yang berhadapan lansung depan negara lain. 


"Kami hari ini melakukan peluncuran pencanangan gerakan pembangunan terpadu daerah perbatasan tahun 2021. Daerah perbatasan kita adalah daerah prontis yang berhadapan lansung dengan negara lain," ungkapnya. Jum'at (9/4/2021)


Dalam rencana Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2021, mereka menargetkan tiga PLBN yang akan dibangun dengan anggaran lebih dari Rp 8 Triliun. 


"Dan untuk tahun ini kita fokuskan di tiga tempat. Pertama ada di Motaangin Provinsi NTT, PLBN Aruk Provinsi Kalimantan Barat dan di Skouw, Papua," ujarnya.


Pelaksanaan kegiatan Gerbangdutas ini adalah upaya pemerintah melalui Kemendagri untuk mewujudkan visi pembangunan Persiden Joko Widodo yang ingin membangun Indonesia dari pinggiran. 


"Dasar kebijakannya adalah keinginan kita menghadirkan negara dari pinggiran dan tempat-tempat terisolasi. Dengan harapan agar kesejahteraan masyarakat bisa merata ke seluruh wilayah," katanya. 


Program Gerbangdutas ini nantinya adalah upaya pemerintah membangun infrastruktur dari satu tempat ke tempat lainnya untuk membangun perbatasan.


"Jadi nantinya akan dibangun infrastruktur dari satu tempat ke tempat lainnya. Kenapa ini sangat penting hal ini karena kita mesti menjaga wilayah teritorial kita agar tidak lepas dari jangkauan negara," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini