-->

IMTEK Ajak Warga Kawal Transparansi Dana Desa

Editor: Admin author photo

Foto: Pengurus Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat. Senin (12/4/2021)

Kabarsambas.com-Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) mengajak masyarakat untuk mengawal Transparansi Dana Desa.


Ajarkan tersebut juga telah diamankan dalam UU Desa Nomor 6 Tahun 2014. 8 April 2021 dimana masyarakat berhak mengawasi perencanaan penganggaran desa.


Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan IMTEK, Fajar Anggreswari mengatakan keterbukaan dan transparansi di dalam pemerintahan desa sangat di perlukan untuk mewujudkan desa yang maju,kuat, berkeadilan serta demokratis.


"Memberikan informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat, berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggung jawaban pemerintah. Agar pengelolaan sumber daya yang dipercayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang undangan," ungkapnya.


Selain itu UU 1945 tepatnya uu no 14 tahun 2008 kata Fajar sudah sangat tegas mengatakan tentang keterbukaan informasi publik, serta uu no 6 tahun 2014 tentang Desa tepatnya pasal 24 yang menjelaskan asas keterbukaan dan akuntabilitas. 


Sementara Departemen Penelitian dan pengembangan IMTEK, Nuri Ayu Kharisma menambahkan sebaiknya spanduk rencana anggaran pertahun di pajang di tempat yang mudah warga desa melihatnya agar kita sama sama tahu terealisasi atau tidak anggaran yang sudah d rencanakan tersebut.


Ia mengajak seluruh warga untuk sama sama mengawal transparansi dana desa di setiap Desanya khususnya di kecamatan Teluk keramat. 


" Untuk itu kita minta kepada aparat desa agar jangan bermain-main dengan dana desa. Apalagi terlibat dalam penyalahgunaan wewenang dan jabatan (abused of power) demi memperkaya diri sendiri dan keluarga. Kita ingatkan, jangan sampai kepala desa tersandung kasus hukum dan terseret ke penjara gara-gara dana desa yang bermasalah dan tidak memberikan keterbukaan informasi yang valid kepada masyarakat tentang alokasi dana desa," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini