CPO Sawit Cemari Sungai Sejangkung, Pemerintah Meski Bersikap Tegas

Editor: Admin author photo

Ket: Salah satu anak desa Sejangkung terpaksa mandi di tengah genangan tumpahan CPO kelapa sawit. Senin (19/4/2021)

Kabarsambas.com-Pecemaran sungai Sambas kembali terjadi. Kali ini, limbah yang diduga tumpahan Crude Palm Oil (CPO) mencemari sungai kecamatan Sejangkung.


Ketua LSM Wapatara, Andre Mahyudi mengatakan persoalan limbah kelapa sawit selalu terjadi di Kabupaten Sambas.


"Belum selesai masalah limbah sawit di desa semangga', sekarang ada lagi Dugaan tumpahan CPO di sungai Sejangkung," ungkapnya.


Untuk itu, disampaikan Andre pemerintah harus tegas terhadap pengawasan lingkungan dikabupaten Sambas.


"Karena dampak dari pencemaran yang ditimbulkan oleh limbah akan menimbulkan macam-macam penyakit dan kerusakan ekologi terutama biota air," tuturnya.


"Tentu kami ingin hidup dilingkungan yang baik bersih dan sehat, kapan Sambas mau maju dan bermutu kalau lingkungan selalu tercemar dan rusak," tambahnya.


Pihaknya meminta Pemda untuk menelusuri penyebab tumpahan CPO tersebut.


"Pengawasan juga harus semakin diperketat terhadap perusahaan kelapa sawit, karena setiap aktivitas pabrik minyak ada limbah ,ipal dan sistem pengangkutan," ungkapnya.


Kemudian pihak perusahan juga harus disiplin dan meski mengedepankan hak lingkungan hidup.


"Kami minta sekali lagi, agar pemerintah lebih tegas dan segera untuk menuntaskan kasus-kasus pencemaran dan perusakan lingkungan kabupaten Sambas, kami melihat selama ini kesannya hanya sepotong-sepotong dalam upaya penyelesaiannya," Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini