-->

Bupati Sambas Pantau Pasar Jelang Ramadhan

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH bersama Kadis Kumindag, Musanif dan Kabag Ops Polres Sambas Kompol Paino saat memantau aktivitas pasar sebelum ramadhan. Senin (13/4/2021).

Kabarsambas.com-Bupati Sambas, H.Atbah Romin Suhaili, Lc melaksanakan pemantauan harga barang di Pasar Sambas.


Pada pemantauan jelang Ramadhan yang diikuti oleh Kabag Ops Polres Sambas Kompol Paino, dan Kepala Dinas Kumindag Kabupaten Sambas Ir H.Musanif tersebut, Atbah mengatakan harga sembako dan lainnya tidak mengalami kenaikan berarti.


"Alhamdulillah pada hari ini kami dari pemda dan tim pemantau dan pengendali harga pangan di Kabupaten Sambas dan dinas terkait melakukan pemantauan pasar sebelum Ramadhan," katanya. Senin (13/4/2021)


Disampaikan Bupati adapun komoditas yang mengalami sedikit kenaikan yakni daging ayam dan telur, namun kenaikan tersebut tidaklah signifikan.


"Alhamdulillah berdasarkan pemantauan kami di beberapa toko menunjukkan bahwa harga relatif stabil, walaupun ada satu dua komoditi yang mengalami kenaikan tapi tidak signifikan, misalnya telur dan daging ayam," tuturnya.


Sebagaimana diketahui, harga daging ayam di beberapa pasar di Sambas saat ini mengalami kenaikan, beekisar Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu per kilogram.


Atbah mengingatkan agar para pedagang memperhatikan kondisi sekarang, dimana masyarakat memang memiliki kesulitan ekonomi akibat Pendemi Corona.


"Namun kita berharap jika stok banyak dan tingginya permintaan memang akan berdampak pada harga, namun kita juga sudah ingatkan kepada para pedagang untuk tetap mengedepankan sifat sosial, karena kita di era Pandemi Covid-19 yang berefek pada rendahnya daya beli masyarakat," pintanya.


"Jadi jangan sampai menikkan harga barang secara bebas, dan bila perlu saatnya kita membantu sesama dan beejualanlah cengan harga seperti biasa, Contohnya harga daging sapi saat ini masih Rp 130 ribu per kilogram nya, artinya tidak ada kenaikan," tukasnya.


Kabag Ops Polres Sambas Kompol Paino, mengatakan pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan terhadap harga barang.


"Kami sudah melakukan pengecekan ke gudang sembako, makanya kita sudah diberitahu lebih dulu harga sembako yang ada, dan telur dengan ayam memang dedikit mengalami kenaikan," katanya.


"Sampai saat ini kita tidak menemukan penimbunan sembako dan sebagainya," sambung Paino.


Jelang Ramadhan kali ini kata Kabag Ops, masyarakat juga diimbau untuk selalu manaati protokol kesehatan, terutama pada aktifitas pasar juadah.


"Namun pada bulan ramadhan kali ini kita juga memperhatikan akan adanya pasar juadah masyarakat, Polres Sambas akan melakukan pemantauan, agar tidak selalu terjadi kerumunan dan mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, kita juga akan menempatkan Anggota Kepolisian untuk melakukan pengaturan lalu lintas," tukasnya.


 Kepala Dinas Kumidag Kabupaten Sambas, Ir H.Musanif mengatakan akan terus menjaga kestabilan harga barang sampai pada hari raya idul fitri.


"Komoditas yang punya potensi untuk naik harganya memang terdapat beberapa, misalnya telur dan daging ayam, namun kita terus akan lakukan pemantauan guna mengendalikan harga barang," katanya.


Ditegaskan Musanif, pihaknya di sepanjang Ramadhan akan terus berupaya menekan kenaikan harga komoditas terutama sembako.


"Kita juga lakukan komunikasi dan kolaborasi dengan pihak terkait, untuk menjaga kestabilan harga tersebut. Kita juga akan mengambil langkah antisipasi apabila terjadi gejala kenaikan harga barang," pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini