-->


Penegrian IAIS Sambas Perlu Dukungan Semua Pihak

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua DPRD Sambas, H.Abu Bakar dan Wakil Ketua DPRD Suriadi saat menerima audiensi kampus IAIS Sambas yang dihadiri rektor IAIS Sambas Jamiad Akadol. Selasa (16/3/2021) di ruang rapat komisi DPRD Sambas 

Kabarsambas.com-Upaya peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat DPRD Kabupaten Sambas menerima audiensi  Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS) 

Dalam pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor IAIS Sambas Dr.Jamiad Akadol, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sambas, H.Sabhan, ketua DPRD Sambas, H.Abu Bakar, Wakil Ketua DPRD, Suriadi dan Ketua Komisi IV Anwari. Sos serta Pengurus Bem IAIS Sambas. Selasa (16/3/2021) di Ruang Rapat Komisi DPRD Kabupaten Sambas.


Ketua Komisi IV DPRD Sambas, Anwari. S.sos mengatakan upaya dan usaha dalam percepatan penegerian IAIS Sambas perlu didorong agar dapat meningkatkan IPM Kabupaten Sambas.


"Penegrian IAIS Sambas tentu dapat memunculkan multiple effect, sehingga dapat membantu peningkatan IPM Kabupaten Sambas sehingga menjadi nilai jual bagi daerah agar lebih diperhatikan dan maju," katanya.


Rektor IAIS Sambas, Dr. H. Jamiat Akadol, M.Si, MH mengatakan persyaratan perubahan bentuk perguruan tinggi IAIS Sambas menjadi Negeri masih memiliki kekurangan.


"Untuk lahan sudah mencakup 10 hektar, tinggal kejelasan dari 20 hektar lagi untuk memenuhi persyaratan menjadi negeri, kemudian jumlah dosen ada 101 orang sudah mencukupi, namun jumlah mahasiswa yang belum mencukupi yaitu baru 1760 orang, sedangkan persyaratan minimalnya sebanyak 3000 mahasiswa," katanya.


Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sambas, H. Sabhan mengatakan dengan penegrian IAIS Sambas tentu dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sambas. 


"Ya, semakin banyak anak kita yang masuk perguruan tinggi di Sambas maka akan meningkatkan IPM Kabupaten Sambas, kebanyakan anak-anak asal Sambas yang kuliah di Pontianak justru meningkatkan IPM di Pontianak sana," terangnya.


Menteri Dalam Negeri IAIS Sambas, Rizal yang turut menghadiri audiensi juga mengharapkan secepatnya penegrian IAIS Sambas sehingga lebih memudahkan mahasiswa.


"Kita sebagai mahasiswa tentu sangat berharap secepatnya dilakukan penegerian IAIS Sambas, maka dengan negeri kampus sehingga mahasiswa lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa dan yang sangat kami tekankan kepada pihak pemerintah bukan hanya dukungan, karena sudah terlalu sering kami dengar dukungan terus menerus, namun kami inginkan jawaban secepatnya kapan penegrian dilakukan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini