-->

Dewan Sambas Meminta ASDP Sediakan Dua Feri Di Penyeberangan Perigi Piai

Editor: Admin author photo

Ket: Kapal Feri KMP Kerapu yang beroperasi di Penyebarangan Perigi Piai, Tebas-Tekarang

Kabarsambas.com
-Anggota DPRD kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemda dan Pihak ASDP karena melakukan langkah cepat dalam melakukan penanganan tenggelamnya kapal Feri KMP Bili.

"Tentu kita panjatkan puji dan syukur dengan perhatian dan partisipasi semua pihak selama sebulan akhirnya kapal feri KMP Bili dapat evakuasi dan pelayanan angkutan penyeberangan jalur Tebas-Perigi Piai Tekarang sudah beroperasi kembali," ungkapnya. Sabtu (20/3/2021)

Meski demikian disampaikan Ketua Komisi 1 DPRD Sambas ini dampaknya dari tengelam kapal Feri KMP Bili ini sangat dirasakan oleh masyarakat terutama dari segi ekonomi.

"Kita ketahui sendiri bahwa pasca musibah tenggelamnya kapal Feri KMP bili telah meniinggalkan berbagai masalah khususnya kerusakan jalan dan harga yang melambung naik, sehingga berdampak terhadap pendapatan ekonomi khususnya untuk kecamatan Jawai dan tekarang sekitarnya," ungkapnya.

Akan tetapi sering pertambahan jumlah penduduk dan kebutuhan masyarakat Penyebarangan Tebas-Tekarang sangat padat bahkan antrian kendaraan juga panjang.

"Kalau kita lihat dilapangan baru beroperasinya kapal Feri pengganti KMP Kerapu, sehari saja mobilitas antrean angkutan membludak dan berjejer sepanjang sekiloan dengan amgkutan yang lebih banyak Truk yang membawa material. Akhirnya karena padat Di butuhkan waktu 4 sampai 5 jam baru bisa dapat antrean untuk menyeberang," ujarnya.

Tentu dikatakab legislator Nasdem ini
pelayanan publik tidak optimal dan berkualitas karena lambat,
oleh karena itu pihaknya juga meminta agar Pt ASDP bisa menyiapkan satu kapal feri lagi untuk jalur penyeberangan tersebut agar pelayanan dapat terjangkau dan memuaskan sesuai dengan kebutuhan publik

"Apalagi kita ketahui bahwa banyak angkutan truk untuk pembangunan jalan jembatan sungai Sambas  dan sebentar lagi menjelang lebaran. Ini harus di antisipasi, Kita jadikan pelajaran dan evaluasi bencana kemarin. Maka Melalui kunjungan kerja beberapa waktu lalu kita sudah menyampaikan hal ini,
bahwa masyarakat sudah puluhan tahun mendambakan ada dua Feri yang siap melayani angkutan di jalur ini," tuturnya.

Figo mengatakan pihaknya sudah mendorong dan mendesak ASDP untuk mewujudkan aspirasi ini. Bupati juga kata Figo sudah melayangkan surat ke ASDP pusat dan secara politis  juga telah minta dukungan juga kepada wakil ketua komisi 5 bapak Syarif Abdullah Alkadrie untuk memperjuangkan ini.

"Kita berharap ASDP dapat memahami kebutuhan dan tuntutan publik utk menyiapkan kapal feri satu lagi.
Sehingga masyarakat benar terbantu dan kita mendapatkan hikmah dan manfaat dari musibah ini," tutupnya.

Sementara Anggota DPRD dapil jawai mengatakan sebagai warga jawai yang setiap hari menggunakan sarana angkutan feri ini sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi.

"Tidak ada pilihan bagi ASDP solusinya adalah penambahan satu Feri lagi.
Ini sudah kebutuhan mutlak yg harus dipenuhi, kita tak ingin hal serupa di kemudian hari," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini