-->

Pemkab Sambas Sikapi Bencana Banjir

Editor: Admin author photo

Ket: Kegiatan rapat yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Sambas menanggulangi bencana banjir di kabupaten Sambas. Senin (8/2/2021)

Kabarsambas.com- Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir H Fery Madagaskar MSi segera menindaklanjuti arahan Bupati Sambas terkait penanganan kondisi terkini pasca curah hujan tinggi yang merendam sejumlah wilayah. 


Sekda, selaku Kepala BPBD Kabupaten Sambas menggelar rapat terbatas dengan beberapa pimpinan OPD di ruang rapat sekda, Senin (8/2/2021)


Sekda didampingi langsung Plh Kepala Pelaksana BPBD Kab Sambas, H Yusran SSos, memimpin pertemuan itu. Hadir juga Inspektur, Kepala Bakeuda, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kadis PUPR, Staf Ahli Bupati Sambas, Asisten Bidang II Setda, Asisten I, Kepala Dinas Kominfo Sambas, Plt Kadis Perhubungan dan Kabag Prokopim Setda Kabupaten Sambas.

Sekda mengatakan Bupati sudah memerintahkan BPBD dan unit-unit kerja terkait memonitoring terhadap dampak yang hadir akibat kondisi cuaca terkini. Camat dan Desa, ungkap sekda, juga diingatkan Bupati agar waspada dan terus memonitoring kondisi di wilayah masing-masing.


"Dinas-dinas sudah kita minta turut tanggap cepat menyikapi kondisi ini, sudah kita ingatkan, cepat inventarisir apa-apa saja yang terdampak dari keadaan alam ini," katanya.

Sekda menuturkan, pemerintah daerah berupaya cepat menangani kondisi yang terjadi. Sekda meminta BPDB dan dinas tidak terkesan abai dengan dampak curah hujan tinggi yang mengakibatkan banyak titik fasilitas umum dan permukiman warga terendam air. 


"InsyaAllah pemerintah daerah ingin yang terbaik dalam penanganan ini. Masyarakat kita minta tidak panik, dapat menghubungi aparatur terdekat, mulai dari desa maupun pihak kecamatan. Desa-desa, juga kita ajak bersama-sama menanggulangi ini dengan memberikan data yang valid dan masukan-masukan penting seputar kondisi desanya," papar Sekda.

Sementara Staf Ahli Bupati Sambas sekaligus Pelaksana Harian Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sambas, H Yusran, mengatakan, usai rapat dengan Sekda, Tim pemerintah daerah langsung mempersiapkan penyaluran bantuan bagi warga terdampak banjir sekitaran galing dan sajingan besar. 


"Pemda secara bertahap mulai hari ini menyalurkan bantuan dimulai menyasar untuk sajingan besar," ungkapnya.


Pihaknya juga telah membuka nomor aduan darurat, guna penanganan cepat dampak bencana banjir di Kabupaten Sambas.


"Seperti yang diarahkan Bupati, pemda berupaya tanggap cepat atas kondisi sekarang ini. BPBD telah menyiapkan pusat komunikasi aduan di nomor seluler 082149300028 bidang kedaruratan dan logistik BPBD Kab Sambas," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini