-->


Sambas Berencana Bangun Mesjid Agung 1001 Kubah

Editor: Admin author photo

Ket: Kegiatan Rapat bersama pembentukan panitia pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah. di sekretariat ICMI Center. Jum'at (8/1/21)

Kabarsambas.com
-Masyarakat Kabupaten Sambas merencanakan pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah.

Mesjid ini nantinya diharapkan akan menjadi icon baru untuk kabupaten Sambas.

Bertempat di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Center Kabupaten Sambas, panitia pembangunan Masjid Agung 1001 kubah itu membahas rancangan pembangunan Masjid Agung untuk Kabupaten Sambas.

Panitia pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah, Misni Safari. Sp mengungkapkan pembangunan masjid agung ini adalah untuk menjadi icon baru dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Sambas.

"Ya, kita harapkan menjadi kebanggaan khususnya di Kabupaten Sambas. Karena kita sudah 20 tahun pindah dari Singkawang, tapi belum memiliki masjid yang berskala Kabupaten," Katanya. Jum'at (8/1/2021)

Misni mengatakan pihaknya pribadi merasa tergerak hati untuk membangun masjid berskala Kabupaten.

Rencana tersebut sudah menjadi keinginan selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas saat berjalan dan berkunjung ke beberapa masjid agung yang megah di Indonesia dan juga di Malaysia.

"Saya mulai terusik dihari ketika mengunjungi masjid Jami' Kuching Malaysia, lalu Masjid Dian Al-Mahri Depok (Kubah emas), dan masjid 99 kubah di Makassar, gimana itu bisa menjadi icon bagi daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Maka sejak Desember 2019 kemarin dia mulai mencoba merancang pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah di Sambas.

"Untuk luas lahannya kita rencanakan 100 hektare, dan lahannya sudah kita usahakan di Dusun Sekuyang, Desa Kartiase, dan melihat view jembatan Kartiasa Sungai Kartiasa dan Pulau Bungin. Dan kita bertekad mewujudkan itu," ujarnya.

Misni menambahkan jumlah masyarakat muslim di Sambas ada kurang lebih 87,6 persen. Dan masih memiliki luas lahan yang memadai dan tergolong terjangkau. Untuk itu mereka berupaya untuk mewujudkan pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah itu.

"Jadi kita harus membuat sejarah dan membuat peradaban Islam di negeri ini. Karena masjid adalah simbol peradaban Islam," ungkapnya.

Terkait dengan mengapa lahan yang akan dicari harus luas. Sehingga kedepannya akan direncanakan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Sambas.

"Mohon doa dan dukungannya, dan mati kita berfastabiqul khairat untuk menanam kebajikan sebagai bekal kita di akhirat. Kedepan proposal dan master plan-nya kita akan segera selesaikan agar segera bisa dibangun," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini