Kreasi Pangan Lokal Umbian PKK Sambas

Editor: Admin author photo





Kabarsambas.com-Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas, punya kreasi pangan lokal yang sudah mendapatkan pengakuan tingkat nasional. 


Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, Hj Lusyanah Kosasih AMd Far SPd mengatakan organisasinya mendapat dukungan penuh dari TP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa dalam mengembangkan pangan lokal beragam, bergizi seimbang dan aman.


"Alhamdulillah, TP PKK Kita mulai dari tingkat kecamatan dan desa kompak terus mengembangkan kreatifitas dalam pengelolaan pangan berbahan lokal. Secara nasional, provinsi hingga tingkat kabupaten, ada gelaran festival pangan lokal beragam bergizi seimbang dan aman yang diselenggarakan pemerintah pusat. Adanya event itu, kita termotivasi untuk terus menghadirkan inovasi kreasi menu," katanya.


Terakhir pada Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (FPL B2SA), agenda tahunan yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Pusat di Sulawesi Tenggara tahun 2019 lalu, Tim Penggerak PKK Kab Sambas info Lusyanah, berhasil mengharumkan nama Kalimantan Barat. 


TP PKK Kabupaten Sambas sebut Istri Bupati Sambas, diwakilkan TP PKK Kecamantan Selakau turut meramaikan FPL B2SA tingkat nasional itu.


"Alhamdulillah, kreasi dan inovasi yang dilakukan TP PKK Kab Sambas, pada ajang yang digelar di Lapangan MTQ Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, November 2019 silam, kita berhasil meraih harapan III secara nasional. Momentum itu satu rangkaian kegiatan dengan peringatan hari Pangan Sedunia ke 39 tahun 2019," kenang Ketua TP PKK Kabupaten Sambas. Untuk Tingkat Kalbar, TP PKK Kab Sambas juara tingkat Prov Kalbar.


Kreasi menu yang ditampilkan adalah Paket Lunchbox Gelora Rasa dan mendapat juara harapan III untuk klaster umbi-umbian.


"Bersyukur dan ucapan terima kasih pada ajang tersebut, kita didukung penuh dari PKK dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Sambas serta Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar. Sehingga ide, kreasi dan inovasi kita pada pangan lokal kita membuahkan juara harapan ditingkat nasional," tutur Lusyanah. 


Dia menyebutkan, pada paket lunchbox Gelora Rasa, menyajikan 4 menu diantaranya nasi putu buluh berbahan dasar singkong dan ubi jalar ungu.


Menu kedua diberi nama remang berselimut dengan dominasi bahan daging ikan remang dan labu kuning dan Nagesi Tahu, dari tahu dan tepung tapioka.


 "Menu keempat yakni Bobor Sayuran, dengan bahan dari selada, labu siam, daun katuk dan kacang merah. Untuk tambahan desertnya, pada paket lunchbox tersebut berupa buah segar lokal," ungkap Lusyanah.


Ketua PKK Kabupaten Sambas menambahkan, masih banyak tantangan dalam rangka pengolahan Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman. Diakui Lusyanah, inovasi makanan kemasan menjadi perhatian kedepannya. 


"Hasil penilaian lomba ditingkat nasional, masih banyak yang dapat kami petik point plusnya, masih banyak hal yang perlu kami benahi lagi, termasuk mengenai inovasi makanan kemasan. Makanan kemasan dari daerah lain pada ajang yang kami ikuti sebelumnya, mereka sangat kompetitif dalam penyajian kemasan, rasa, maupun tampilan bentuk," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini