-->

KPU Sambas Tetapkan Satono-Fahrur Rofi Pemenang Pilkada Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi, S.Pd saat menyerahkan Berita Acara Penetapan Satono-Rofi sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sambas, kepada Wakil Bupati terpilih Fahrur rofi. Jumat (22/1/2021) di Hotel Pantura


Kabarsambas.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas melaksanakan Rapat Pleno Terbuka, tentang penetapan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2020.


Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi mengatakan setelah penetapan Satono-Rofi sebagai pemenang pilkada Sambas, selanjutnya KPU akan segera menyerahkan Berita Acara (BA) dan SK penetapan Satono-Rofi kepada DPRD Kabupaten Sambas dan akan diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur agar di SK-kan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sambas. 


"Ya, setelah ini akan segera kita serahkan Berita Acara dan SK penetapan pasangan calon terpilih hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih, dan akan kita serahkan kepada DPRD Kabupaten Sambas," katanya. Jum'at (22/1/2021)


Kemudian setelah diserahkan kepada DPRD maka untuk pengusulan SK Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan oleh pihak DPRD dan pihak berwajib lainnya. Hal ini karena mengingat tugas KPU hanya sampai dengan mengusulkan.


"Ya, untuk pelantikan itu diluar ranah KPU, jadi KPU hanya mengusulkan kepada pihak yang berwenang," ungkapnya.


Setelah pelaksanaan penetapan pasangan pemenang pilkada Sambas ini. Dia menuturkan mereka akan melaksanakan evaluasi eksternal untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak guna perbaikan penyelenggaraan pemilu selanjutnya. 


"Setelah ini akan kita lakukan evaluasi eksternal untuk penyelenggaraan pemilu tahun ini. Dan akan jadi masukan untuk pelaksanaan pemilu berikutnya, dan ini akan dilakukan dalam bentuk FGD," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini