-->

Cuaca Ekstrim, Sambas Berpotensi Banjir

Editor: Admin author photo

Ket: Cuaca Ekstrim Sambas Berpotensi Banjir

Kabarsambas.com
- Cuaca ekstrim, banjir dan angin kencang disertai ombak dikabupaten Sambas sangat berpotensi terjadi di kabupaten Sambas.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, Yudi M.Si. Kamis (14/1/2021).

Potensi tersebut juga sudah sampaikan oleh BMKG sebelumnya, yang merilis potensi cuaca ektrim beberapa waktu lalu.

BPBD Sambas mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang pantai dan bantaran sungai untuk berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

"Ya, mengingat cuaca ekstrim masih mungkin terjadi. Maka kami minta masyarakat yang bermukim di pesisir pantai untuk selalu waspada. jika kondisi tidak memungkinan untuk menempati rumah dapat untuk sementara berpindah ke tempat yang lebih aman.  Terutama bagi anak-anak, wanita dan lansia," ujarnya.

Selama dua hari terakhir kabupaten Sambas dan sekitarnya selalu di guyur hujan. Sehingga mengakibatkan beberapa Desa di Sambas terendam banjir, hal ini diperparah dengan pasang atau banjir rob, yang di pengaruhi oleh La Nina.

"Saat ini memang lagi terjadi pasang rob dan pengaruh cuaca La Nina yang menyebabkan adanya angin kencang dan badai di laut Natuna yang berdampak pada gelombang besar melanda pesisir wilayah Kabupaten Sambas," jelasnya.

Pihaknya juga masih menunggu laporan dari camat dan Kades terkait dengan Desa mana saja yang terdampak banjir dan pasang rob air laut. 

"Saat ini kita masih menunggu laporan dari para camat dan kades yang wilayahnya memiliki pantai. Dan daerah mana saja yang terendam banjir," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini