Gerakan Pramuka Meski Mengedukasi Peduli Alam Kepada Masyarakat

Editor: Admin author photo

Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menyampaikan sambutan dalam rapat koordinasi gerakan Pramuka peduli Kabupaten Sambas. Senin (7/12/2020) di Aula gedung keberkatan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Sambas.

Kabarsambas.com- Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH mengajak gerakan pramuka untuk semakin eksis peduli akan lingkungan terutama masalah sampah plastik. 


Hal ini disampaikan Bupati saat membuka rapat koordinasi gerakan pramuka peduli Kabupaten Sambas. Senin (7/12/2020) di Gedung Keberbakatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas.


"Negara kita menjadi penyumbang terbesar kedua didunia tentang Sampah plastik, tentu ini harus menjadi perhatian kita bersama," katanya.


Atbah mengingatkan, pramuka menjadi gerakan memberikan teladan memerangi sampah plastik. Harapannya gerakan pramuka dapat memulai memberikan edukasi pada lingkungan terkecil. 


"Maka saya berharap gerakan pramuka dapat berikan edukasi, pemahaman dan teladan baik dalam upaya kita menjaga lingkungan ini. Kita lakukan hal terbaik untuk memberikan warisan terbaik bagi

generasi pendatang kita dengan kondisi lingkungan yang baik," ungkapnya.


Selain itu, dengan perubahan cuaca secara global saat ini cukup ekstrim, maka harapannya Gerakan Pramuka bisa mendorong semua komponen masyarakat untuk peduli akan hal ini.


"Perlu kita menghadirkan sikap

kewaspadaan dini terhadap bahaya bencana terutama bencana alam. Kita mulai lagi, dan secara berkesinambungan untuk bersahabat dengan alam, melestarikan lingkungan agar

bencana alam dari tahun ke tahun dapat diantisipasi secara dini dan berkurang," ujarnya.


Sementara Pengurus Kwarcab

Pramuka Kabupaten Sambas Drs.Topitri, mengatakan Gerakan Pramuka siap

menjadi barisan terdepan dalam membantu pemerintah daerah menanggulangi bencana.

"Ya, Gerakan pramuka peduli selalu siap sebagai mitra pemerintah dalam mendukung program

dan kegiatan pemerintah untuk memajukan negeri dan bangsa ini," ungkapnya.


Topitri yang juga camat selaku timur ini mengatakan gerakan pramuka akan turut serta dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan melalui program-program dan kegiatan yang positif.


"Termasuk kepedulian gerakan pramuka pada penanggulangan bencana dan menjaga keseimbangan kelestarian a alam dan lingkungan," Pungkasnya.(Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini