-->


Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Dihimbau Waspada Banjir

Editor: Admin author photo

Ket: Atbah Romin Suhaili Lc MH

Kabarsambas.com
-Tingginya intensitas curah hujan dikabupaten Sambas. Untuk itu Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai terjadinya banjir.

"Saya berharap kepada warga Sambas dan khususnya yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati dan waspada terhadap banjir," kata Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH. Rabu (16/12/2020)

Sebagaimana prakiraan dan peringatan yang di keluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kepada BPBD Kabupaten Sambas, diperkirakan puncak dari musim hujan akan terjadi di Desember 2020 dan Januari 2021.

"Cuaca ekstrim itu dalam buku prakiraan awal musim hujan 2020/2021 diperkirakan Kabupaten Sambas memiliki curah hujan yang komulatif, yang berlangsung pada periode Oktober sampai Maret 2021," ungkapnya.

Dalam surat edaran Bupati yang ditujukan kepada camat Se-Kabupaten Sambas untuk melakukan pemetaan daerah rawan banjir, menyiapkan tempat evakuasi untuk korban banjir dan alat-alat kesehatan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Selain itu dalam surat edaran Bupati, juga ditegaskan kepada setiap Camat diminta untuk menyiapkan kelompok masyarakat (pokmas) yang bisa membantu mengantisipasi penanggulangan bencana.

"Dan kepada masyarakat kita harapkan dan kita minta agar bisa bersama-sama secara gotong royong membersihkan setiap saluran yang bisa menyebabkan banjir," ujarnya.

Atbah juga meminta kepada pihak Kecamatan mempersiapkan diri bilamana sewaktu-waktu terjadi puting beliung dan tanah longsor.

Untuk itu ia berharap kepada warga Sambas dan khususnya yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati dan waspada terhadap banjir.

"Kita harapkan, kepada masyarakat untuk selalu hati-hati dan waspada, jika air pasang dan hujan tanpa henti, segera menghubungi pihak berwenang untuk mengantisipasi, terjadinya banjir," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini