-->

Dosen Poltesa Sambas Kelola Jeruk Menjadi Marmalade dan Citrus Soft Candy

Editor: Admin author photo

Ket: Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepala Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Sambas dalam mengelola buah jeruk. Sabtu (29/8/2020) lalu di aula kantor desa Tebas Sungai Kecamatan Tebas

Kabarsambas.com-Memanfaatkan buah jeruk yang melimpah dikabupaten Sambas. Dosen Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mengelola jeruk menjadi produk olahan yang berupa Marmalade dan Citrus Soft Candy.


Pengelohan ini diwujudkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang di lakukan oleh Dosen Politeknik Negeri Sambas, Andi Maryam, S.Si, M.Pd dari Program Studi Agroindustri Pangan dan Dian Sari, SP, MMA yang merupakan dosen Program Studi Agrobisnis.


Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (29/8/2020) di aula kantor desa Tebas sungai yang melibatkan dua puluh orang, yakni anggota karang taruna Cahaya Abadi, perangkat desa Tebas Sungai dan tim PKM.


Dosen Politeknik Negeri Sambas, Andi Maryam, S.Si, M.Pd mengatakan tujuan dalam mengelolah buah jeruk siam menjadi produk adalah untuk memperpanjang masa simpan sehingga menjadi salah satu solusi mengatasi kelimpahan buah pada saat panen raya.


"Produk yang dihasilkan pada adalah Marmalade dan Citrus soft candy yang diolah dari sari buah jeruk siam. Marmalade itu sendiri memiliki tekstur yang halus tanpa penambahan flavedo sehingga performance produk ini tidak berbeda dengan selai. rasa pahit yang sangat dominan dalam Flavedo jeruk siam menjadi alasan penting sehingga tidak dicampurkan ke dalam olahan," katanya.


Untuk produk Citrus soft candy dihasilkan memiliki tekstur yang kenyal dan transparan berwarna oren muda.


"Tentu setelah dua produk dari jeruk siam tersebut sudah siap maka tahap akhir dilakukan proses pengemasan produk," ujarnya.

Produk Olahan Jeruk Siam Sambas menjadi Marmalade dan Citrus Soft Candy


Sementara Dosen program Studi Agrobisnis, Dian Sari,SP, MMA mengungkapkan mitra sangat antusias selama pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM).


"Alhamdulillah antusiasme mitra luar biasa selama kegiatan berlangsung, namun ada beberapa catatan penting dalam after taste produk terutama marmalade, dimana rasa pahit atau getir sedikit terasa sebagai after taste walaupun cenderung memiliki sensasi unik yang merupakan ciri khas olahan jeruk siam," tuturnya.


Upaya untuk meminimalisir munculnya after taste dengan cara menambahkan asam sitrat ke dalam adonan saat proses pembuatan produk. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini