-->

Perkuat Cinta Tanah Air Lewat Museum

Editor: Admin author photo

Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Pjs Bupati Sambas Dr.H Kamaruzaman Msi saat menyampaikan sambutan dalam agenda lomba cerdas cermat museum tahun 2020. Senin (19/10/2020) di Balairung Sari Pendopo Bupati Sambas.

Kabarsambas.com
-Penjabat Sementara Bupati Sambas, Dr H Kamaruzaman MSi mengapresiasi pelaksanaan lomba cerdas cermat Museum tahun 2020.

Agenda yang dipusatkan di Museum Daerah, Balaingrung Sari Pendopo Bupati Sambas, Senin (19/10/2020).

Dalam sambutannya Pjs Bupati mengatakan pihaknya akan memberikan akses besar memajukan kebudayaan daerah.

“Memajukan Kebudyaan secara utuh bisa berdampak pada kemakmuran rakyat, hasil karya bangsa dimanfaatkan sebagai modal pembangunan,” ungkapnya.

Hasil Karya Bangsa sebagai warisan budaya masa lalu, cagar budaya dan bukan cagar budaya, kata Pjs Bupati menjadi perlu dipertahankan keberadaannya dikarenakan mengandung nilai-nilai penting bagi manusia seperti sejarah, estetika, ilmu pengetahuan, etnologi dan keunikan yang terwujud dalam bentuk benda cagar budaya, bangunan cagar budaya dan atau struktur cagar budaya dan bukan cagar budaya.

“Pengelolaan museum merupakan upaya terpadu melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan koleksi melalui kebijakan pengaturan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan melaksanakan tugas dari museum. Dengan adanya cerdas cermat seperti ini banyak hal yang kita harapkan pada generasi sekarang untuk memajukan pengelolaan museum,” katanya.

Cerdas Cermat Museum lanjut Pjs Bupati, tentu menambah kecintaan peserta didik terhadap nilai kebudayaan dan sejarah kebudayaan yang ada di Indonesia.

Untuk itu, semua pihak pemangku kepentingan dan masyarakat luas dapat memanfaatkan keberadaan Museum untuk kepentingan pendidikan.

“Kita dihadapi banyak tantangan, satu diantaranya bagaimana memberikan layanan kepada masyarakat yang berkunjung ke museum, memberikan rasa kesenangan kepada pengunjung. Banyak hal, pastinya dengan cerdas cermat ini, bisa menambah wawasan pemahaman tentang museum,” jelasnya.

Selain menambah wawasan tentang museum, gelaran cerdas cermat, tambah Pjs Bupati diharapkan membangkitkan kecintaan terhadap museum dan jumlah kunjungan.

Kamaruzaman juga menginginkan adanya perubahan pola pikir dan prilaku, dimana melahirkan apresiasi bagi museum sebagai bentuk media pendidikan meneladani tokoh - pahlawan nasional dan daerah.

“Terpenting lagi adalah bagaimana dengan adanya museum, meningkatnya kunjungan ke museum, membangkitkan rasa cinta tanah air,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini