-->

Erik Darmansyah Terpilih Pimpin Karang Taruna Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Ketua Karang Taruna Kabupaten sambas Terpilih Erik Darmansyah saat menyampaikan sambutan dalam acara Temu Karya Daerah III Karang Taruna Kabupaten Sambas. Sabtu (10/10/2020) di Pantura Jaya

Kabarsambas.com
-Erik Darmansyah dipercaya pimpin Karang Taruna Kabupaten Sambas periode 2020-2025.

Dirinya terpilih dalam agenda Temu Karya Daerah III Karang Taruna Kabupaten Sambas. Sabtu (10/10/2020)

Ketua terpilih, Erik Darmansyah mengungkapkan dirinya beserta jajaran pengurus siap untuk memperkuat kerelawanan atau sikap suka rela sosial pemuda di Kabupaten Sambas.

"Ya, sesuai amanat Undang - undang nomor 11 Tahun 2019 tentang kesejahteraan sosial dan Permensos Nomor 25 Tahun 2020, tentang Karang Taruna mengamanatkan bahwa elemen kepemudaan untuk aktif terkait kesejahteraan sosial dalam berbagai aspek kehidupan,"katanya. Senin (12/10/2020)

Hal ini menjadi modal dasar bagi membangun sikap dan profesionalisme Karang Taruna Kabupaten Sambas.

"Karang Taruna bebas dari kepentingan praktis, paradigma sosial yang masih bisa dibentuk juga merupakan modal besar dalam membangun negeri ini, termasuk dari Karang Taruna Sambas ini,"  ungkapnya.

Karang Taruna Sambas tentu bisa turut andil dengan memperkuat kerelawanan sosial pemuda, aspek kerelawanan sosial ini, menjadi prioritas dan menjadi perhatian serius yang terus - menerus dan perlu dipupuk dan diupayakan agar tetap terjaga.

"Karang taruna merupakan sesuatu yang penting dalam persyaratan dan menunjang pembangunan, pemerintah akan kesulitan apabila generasi muda selalu hitung - hitungan. Apabila pemuda dilibatkan dalam proses pembangunan dan kerelawanan sosial pemuda sosial tinggi maka banyak hal yang bisa dilakukan," ujarnya.

Setelah dilantik, Karang Taruna Kabupaten Sambas lanjutnya akan melakukan konsolidasi, hingga membentuk kepengurusan di tiap desa.

"Selanjutnya, kita menargetkan di 194 desa yang ada di Kabupaten Sambas memiliki masing- masing karang taruna. Data sekarang baru 122 desa yang secara legal berdiri. Jadi masih 72 desa menjadi PR kami untuk menuntaskannya. Harapannya, triwulan Pertama tahun 2021 sudah terbentuk semua," tuturnya.

Potensi kepemudaan katanya sangat berpengaruh dalam tatanan kehidupan yang serba digital, pemuda adalah pemeran utama pengguna teknologi dan modernisasi.

"Apalagi di era 4.0 ini, kita harus berupaya mendorong dan mempromosikan para pemuda yang memiliki inovasi dan karya, ini semua dikemas sesuai tuntutan zaman, metode kerja yang lebih praktis, cepat, informatif dan efisien menjadi perhatian," ungkapnya.

Karang Taruna berafiliasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat luas, kerja kerja dan upaya memajukan daerah menuntut peran serta pemuda.

"Para pihak seperti pemerintah, ormas, kelompok, komunitas, masyarakat dan media dengan sinergi yang baik menjadi pilar untuk bisa mewujudkan cita - cita atau visi karang taruna dan mendukung kemajuan daerah," katanya.

"Terkait momentum sendiri, Sambas memiliki pesta demokrasi pada 9 Desember 2020. Pilkada Sambas 2020 ini menjadi momentum pemuda berperan dan bisa menentukan arah kepemimpinan yang berdaya saing baik, jangan sampai pemerintah meminggirkan posisi pemuda itu sendiri, ini akan menjadi masalah ke depan kalau tidak dari sekarang diantisipasi," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini