Empat Pelaku Ilegal Loging di Kecamatan Paloh Ditangkap Pamtas Yonif 642/Kps.

Editor: Admin author photo

Ket: Barang bukti berupa kayu dan mesin 15 PK yang diamankan oleh Satgas Pamtas Yonif 642/KPS. Sabtu (3/10/2020)

Kabarsambas.com-Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Pos Sungai Tengah mengamankan empat orang pelaku yang diduga melakukan kegiatan ilegal logging.

Mereka ditangkap saat melewati dermaga Batu Berjamban, Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan paloh, Sambas. Sabtu (3/10/2020) lalu.

 Danpos Sungai Tengah Satgas Pamtas Yonif 642/KPS, Sertu Didik Nurcahyono, sebelumnya mereka terlebih dahulu 

mendapatkan informasi melalui telepon dari personel Satgas Intel Koopsdam XII/TPR Tim 1 Sambas.

"Informasinya akan ada 4 orang pelaku pembalakan liar/illegal logging, yang akan melewati dermaga Batu Berjamban, Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh," katanya.

Dilanjutkan Sertu Didik Nurcahyono, pada pukul 13.25 WIB, dirinya bersama dengan tiga orang warga Sungai Tengah melaksanakan patroli bersama di kawasan perairan Sungai Tengah.

"Selanjutnya anggota pos menghentikan dan memeriksa 1 buah perahu yang berisi kayu ilegal yang baru saja dipotong di kawasan Prepet Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh," ungkapnya.

Setelah diperiksa kata Didik, pelaku langsung dibawa ke Pos Sungai Tengah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dan barang bukti diamankan di dermaga milik PT. Cakra Katulistiwa Prima dan dijaga oleh 2 orang anggota Pos Sungai Tengah.

"Ya, Berdasarkan keterangan pelaku, rencana kayu tersebut akan dikirim ke Dusun Merbau, Desa Sebubus, dan akan diolah menjadi bahan bangunan," terangnya. 

Dari operasi tersebut barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1 buah perahu, 1 buah mesin perahu 15 pk, 1 buah alat pemotong kayu (Senso), 1 buah jerigen berisikan BBM bensin 15 liter, dan kurang lebih 30 batang kayu bulat berdiameter sekitar 20 cm.

Dengan jenis kayu campuran, bahwa pembalakan liar tersebut sudah melanggar Undang Undang Negara Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan pasal 82 ayat (1), 83 ayat (1), 84 ayat (1), 86 ayat (1) dan 88 ayat (1) dengan ancaman Pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan atau denda paling sedikit Rp. 250.000.000,- atau paling banyak Rp. 15.000.000.000.

Kemudian untuk saat ini empat orang tersangka akan diserahkan ke Mapolsek Paloh, Kecamatan Paloh.

"Saat ini 4 orang pelaku beserta barang bukti akan diserahkan kepada Polsek Paloh untuk proses hukum lebih lanjut," tutupnya. Pungkasnya. (Sai)



Share:
Komentar

Berita Terkini