-->


Warta Desa Bentunai Datangi DPRD Sambas. Tindaklanjuti Laporan ke Inspektorat

Editor: Admin author photo

Ket: Warga Desa Bentunai Kecamatan Selakau saat mendatangi Komisi 1 DPRD Sambas yang disambut langsung oleh Ketua Komisi 1, Lerry Kurniawan Figo dan ditemani Anggota DPRD Dapil 3, Erwin Johana beberapa waktu lalu.

Kabarsambas.com
-Beberapa waktu sebelumnya warga desa Bentunai kecamatan Selakau telah melaporkan kepala desanya kepada inspektorat Kabupaten Sambas.

Lantaran hasil laporan tersebut belum diketahui. Akhirnya beberapa warga kembali menemui komisi 1 DPRD Kabupaten Sambas.

Perwakilan dari 14 Warga yang hadir di Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Agus mengungkapkan mereka meminta bantuan kepada DPRD Kabupaten Sambas, agar bisa mengetahui apa yang menjadi rekomendasi Inspektorat Sambas atas laporan yang mereka sampaikan.

"Kami datang ingin memperbarui aduan yang lama, dan ingin minta dibantu aga bisa mengetahui hasil pelaporan di inspektorat, mereka (inspektorat) mengatakan sudah keluar hasilnya dan ada di meja bupati sejak 18 agustus, namun kami tidak tahu apa rekomendasi atas kasus di Desa Kami," ungkapnya, Jumat (11/9/2020)

Pihaknya disampaikan agus sebelumnya telah menghubungi camat kecamatan Selakau, namun tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

"Ya, saat kami mengadu kepada Camat, dikatakan kepada ketua BPD dan warga, bagaimanapun hasil audit dari inspektorat tidak akan dipaparkan kepada masyarakat kecuali kepada kepala desa," ujarnya.

Agus mengungkapkan pasca pelaporan kepada Inspektorat, warga masih mengeluhkan pelayanan yang dilakukan oleh Kepala Desa.

"Ya, masih menjadi persoalan pada saat ini adalah, kepala desa tebang pilih dalam melakukan pelayanan. Karena itu kami mengadu kepada komisi 1 DPRD akan hal ini, bagaimanapun kami menginginkan agar kondisi di Desa Bentunai segera membaik, sehingga kami memang ingin mengetahui hasil audit pelaporan yang kami sampaikan kepada Inspektorat," ujarnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo mengungkapkan pihaknya memang berkewajiban untuk membantu persoalan yang dialami Desa.

"Kasus-kasus terkait desa memang menjadi tupoksi kami, dan pada saat sekarang sememangnya sudah menjadi perhatian khusus, karena memang sangat banyak kasus terkait desa," jelasnya.

Legislator Nasdem ini menambahkan Inspektorat harus memaparkan hasil audit yang dilakukan kepada Pelapor, dalam hal ini warga Desa Bentunai.

"Ya, Kebanyakan kondisi pelaporan masyarakat stagnan, hasil laporan mereka harus disampaikan inspektorat kepada masyarakat desa berkaitan, agar tidak memunculkan konflik," tuturnya.

Selanjutnya pihaknya akan mengambil jalan tengah melaksanakan mediasi terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dalam waktu dekat.

"Ya, Kami akan mengirim surat untuk memanggil inspektorat dan Dinsos PMD, untuk meminta penjelasan atas kondisi di desa. Kami juga akan memanggil serta Kepala Desa dan aparat desa," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini