Rakor Pemdes Kecamatan Galing, Bupati Minta Desa Sinergis Membangun

Editor: Admin author photo

Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH salah satu Kepala desa di kecamatan Galing pada saat Rakor Pemdes se-Kecamatan Galing. Jum'at (18/9/2020)

Kabarsambas.com
-Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH menghadiri rapat koordinasi dalam rangka pembinaan pemerintahan desa se-Kecamatan Galing.

Rakor digelar di Gedung Serbaguna Kecamatan Galing, dihadiri seluruh Kades dan Perangkat Desa. Rakor dipimpin langsung Camat Galing, Usman, didampingi dari Dinas Sosial PMD, Kabid Pemerintahan Desa, Apriyandi, dihadiri Forkopimcam dan pengurus PKK Kecamatan Galing. Jumat (18/9/2020)

Bupati Sambas juga memberikan pengarahan pada rakor tersebut. Bupati menyampaikan beberapa arahan penting. Pertama Bupati meminta, para kades menghadirkan kondisi pemerintahan desa yang kondusif.

"Bangun komunikasi yang baik dengan perangkat desa, satukan presepsi dalam membangun desa. Jika sudah kompak, insya Allah pembangunan akan berlangsung dengan baik," ujarnya.

Hal lain yang menjadi perhatian Bupati, pemanfaatan dan pengelolaan keuangan desa. Kata Bupati, setiap sen keuangan desa berasal dari keuangan negara.

"Tata kelola keuangan didesa harus optimal, efisien, efektif. Harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, transparansi. Desa harus mendukung dan menjabarkan visi misi pemerintah pusat dan daerah," pintanya.

Dalam kondisi pandemi sekarang ini, Bupati mengingatkan agar desa juga memberikan perhatian pada upaya penanganan covid 19. Dijelaskan Bupati, bagaimanapun, desa bisa membantu pemerintah dan pemda dalam penanganan ini.

"Desa kita ajak bersama-sama mengawal penerapan new normal. Tetap edukasi warga untuk menerapkan protokol kesehatan. Desa juga dapat menerapkan beberapa upaya penting bagaimana kedepannya dapat menekan penyebaran covid 19," jelasnya.

Bupati, dalam arahan lain, menegaskan agar desa tetap memberikan perhatian pada warga prasejahtera. Bupati mengajak desa bisa memprogramkan kegiatan yang dapat memutus mata rantai kemiskinan dan buta huruf.

"Sekarang ini, akses informasi terbuka dan dengan mudah kita peroleh. Sekarang ada pendamping desa, bisa kita ajak bersama mengkonsepkan program kegiatan yang berdampak langsung untuk membangun desa, mensejahterakan warga kita. Pada prinsipnya, bagaimana desa bersemangat membangun desanya. Tentu tetap dalam koridor sesuai hukum dan peraturan yang berlaku," ingatnya.

Camat Galing, Usman, mengatakan, rakor seyogyanya merupakan agenda rutin kecamatan. Dikondisi sebelum pandemi covid 19, Usman mengungkapkan, dalam setahun, beberapa kali digelar rakor dimaksud.

"Minimal dalam setahun, kita anggarkan dua kali pertemuan. Hanya rakor ini diawal tahun ini, terkendala kondisi pandemi covid 19, sehingga baru kita gelar sekarang," ungkapnya.

Camat Galing menjelaskan, rakor tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai dari petugas pengukur suhu tubuh, penggunaan masker dan jarak fisik. Camat menyebutkan, rakor tersebut strategis dan urgent dilaksanakan.

"Rakor ini konsepnya sebagai pembinaan untuk pemerintahan desa. Kita jadikan rakor ini wadah kita mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan ditingkat desa. Dari pertemuan ini, kita mendapati pemetaan kondisi desa dalam menyelenggarakan pemerintahan diwaktu berjalan," jelasnya.

Pada moment rakor itu, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, menyerahkan Penghargaan Pemda Kabupaten Sambas kepada dua Desa. Apriyandi, Kabid Pemdes Dinas Sosial PMD Kab Sambas menjelaskan, penghargaan diberikan kepada desa swasembada sesuai publikasi profil desa berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 918/DINSOSPMD/2019 tanggal 18 Desember 2019 dan perekaman profil desa tahun 2020 sampai 31 juli 2020.

"Untuk kecamatan galing ada dua desa, yakni desa sijang untuk tahun 2019 dan 2020. Sedangkan desa tempapan hulu untuk tahun 2019," Pungkasnya.(Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini