Tumbuh Kembang Mempengaruhi Masa Depan Anak

Editor: Admin author photo

Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH bersama anak-anak Sambas hebat. Beberapa waktu lalu.

Kabarsambas.com
-Anak merupakan masa depan dan investasi para orang tua. Sehingga tumbuh kembang anak perlu diperhatikan oleh orang tua.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, pada kegiatan anak di sajingan besar, Selasa (25/8/2020)

Bupati menambahkan peranan orang tua ada memperhatikan anak, menjada, menyayangi dan mencintai anak-anak.

"Karena anak kita adalah masa depan, investasi kita. Jangan perhitungan untuk memperjuangkan kesuksesan anak-anak kita. Berikan mereka bekal terbaik untuk masa depan mereka," katanya.

Dipaparkan Bupati, dalam Al Quran, terdapat penjelasan tentang anak. Dimana ada empat karakter yang bisa ditemukan dalam Al Quran mengenai karakter anak.

"Anak itu penenang, keteduhan jiwa, pelipur lara, penyenang hati. Dengan melihat mereka, memberikan kebahagiaan bagi kita. Banyak kebaikan yang menaungi anak kita, keberkahan dari Allah," tutur Bupati mengenai karakter pertama anak.

Kedua, Bupati menegaskan, bahwa anak adalah perhiasan dunia. Karakter perhiasan dijelaskan Bupati, harus kita jaga.

"Jaga dengan kasih sayang, kelembutan, jauhkan dari kekerasan. Hadirkan terus kasih sayang kepada anak-anak kita. Karena anak kita yang membawa nama baik kita," sebut Bupati.

Penjelasan Bupati mengenai karakter ketiga adalah, anak merupakan fitnah. Artinya terang Bupati, keberadaan anak bisa menjerumuskan hingga menghadirkan kesusahan.

"Cara terbaik menghadapinya adalah dengan kesabaran. Kesabaran yang luar biasa terhadap anak kita. Sabar dalam mendidiknya, sabar dalam segala hal untuk kebaikan anak kita," ungkap Bupati.

Karakter selanjutnya, Bupati menyebutkan anak bisa menjadi musuh buat kita. Anak kata Bupati, bisa mencelakai bahkan menjadi lawan.

"Bisa kita lihat, masih ada anak yang melaporkan orangtuanya ke pengadilan, ada anak yang merampok harta warisan orang tuanya. Ini menggambarkan anak menjadi lawan bagi orang tuanya. Dalam kisah Nabi Allah, kita lihat kisah Nabi Nuh Alaihi Salam," ungkapnya.

Bupati mengajak para orang tua memperhatikan tumbuh kembang anak-anak terutama diusia emasnya.

Dijelaskan Bupati, dunia anak adalah dunia bermain, berikan ruang yang besar bagi dunia bermain mereka. Para orang tua lanjut dia, bisa mengawal dan mengarahkan dunia bermain yang positif.

"Selama pandemi covid, orang tua juga harus bijaksana menyediakan ruang bermain bagi anak. Jadikan rumah tempat yang baik dalam menawarkan dunia bermain bagi mereka sekaligus pendidikan yang baik," Pungkasnya. (Sai) 

Share:
Komentar

Berita Terkini