-->

Dorong Hilirisasi dan Ekspor Produk Pertanian

Editor: Admin author photo

Sekretaris Komisi II DPRD Sambas, Erwin Johana

Kabarsambas.com-Potensi perkebunan Sambas secara secara kualitas dan kuantitas cukup baik sehingga menjadi peluang Ekspor melalui pintu PLBN Aruk.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana mengatakan potensi hasil pertanian dan perkebunan Sambas secara kualitas sangat baik.

"Jika secara kuantitas produk pertanian dan perkebunan Kabupaten Sambas cukup melimpah, ini sudah menjadi peluang yang terbuka bagi kegiatan ekspor terutama melalui jalur PLBN Aruk," jelasnya. Kamis (13/8/2020)

Namun jika bicara kualitas maka produk tersebut terkadang cukup kesulitan, namun beberapa produk bisa bersaing di pasaran.

"Kelapa dari Sambas sangat baik secara kualitas dan jumlahnya juga banyak, namun beberapa hasil bumi lainnya yang semestinya menjadi andalan seperti beras ini perlu perhatian serius, agar kualitasnya jauh lebih baik dan bisa bersaing," tuturnya.

Untuk itu tentu kehadiran pemerintah ditengah petani sangat diperlukan, sehingga bisa membantu peningkatan kualitas hasil tani.

"Saya kira DPRD telah mendorong hingga pemerintah pusat melalui DPR RI, misalnya partai PKB yang selalu membantu memperjuangkan petani baik itu dalam hal pemenuhan bantuan alat dan mesin pertanian, program bantuan benih dan lainnya," Terangnya.

Namun upaya tersebut akan benar-benar maksimal jika pemerintah daerah sangat serius untuk mendukung hilirisasi produk pertanian.

"Ya, upaya ini baru akan benar-benar maksimal apabila pemerintah di daerah juga sangat serius untuk mendukung hilirisasi produk pertanian, dengan demikian kita bisa bicara ekspor dengan kualitas yang mampu memenangkan persaingan pasar," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini