-->

Bupati Lepas 133 ASN Pensiun

Editor: Admin author photo

Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menyerahkan Piagam Penghargaan kepada ASN yang Pensiun. Senin (3/8/2020) di Aula Kabupaten Sambas

Kabarsambas.com-Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH melepas 133 orang Aparatur Sipil Negara yang telah memasuki masa pensiun.

Pelepasan digelar di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Senin (3/8/2020) disaksikan Wakil Bupati Sambas, Sekda, Asisten Setda Kabupaten Sambas, dan pejabat Eselon II Pemda Kab Sambas, termasuk dari PT Taspen dan Pimpinan Cabang Bank Kalbar Sambas.

Pejabat Eselon II yang memasuki purna tugas yakni Kadis Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau Dinas Pelayanan Perizinan, Juliansyah SE.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan SDM Aparatur Daerah Kab Sambas, Nurhadi, juga turut menerima Surat Keputusan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Dengan Hak Pensiun dari Bupati Sambas. Dalam sambutannya, Bupati Sambas mengingatkan beberapa hal penting.

"Harus rajin olahraga, sesuaikan dengan kondisi fisik. Terpenting tetap jaga kesehatan," ingatnya.

Ditegaskan Bupati, masa pensiun harus disyukuri. Atbah mengajak agar ASN merubah mindset atau pola pikir tentang masa pensiun.

"Hadirkan mindset suka dan bahagia ketika pensiun. Mengapa? Karena banyak waktu senggang untuk kita bisa bersama keluarga," ujarnya.

Artinya terang dia, ketika menyambut usia pensiun, semakin hadir kebahagian terutama bisa bersama keluarga.

Menurut Bupati, kesibukkan aktifitas sebagai ASN, banyak menyita waktu. Masa pensiun lanjut dia, menghadirkan peluang untuk mengoptimalkan kebersamaan keluarga.

"Banyak orang susah kalo mau menghadapi pensiun, itu tidak benar. Harus diubah pola pikirnya," ingat dia.

Pensiun ditambahkan Bupati memberi kesempatan untuk salurkan hobby. Dicontohkan dia, bisa hobby berkebun, memancing, dan hobby yang bermanfaat lainnya.

"Paling baik adalah waktu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta A'la. Persiapan untuk mati, semua harus mempersiapkan mati, harus semakin taat kepada Allah, Pensiun, memberi kita waktu yang luas untuk meningkatkan rajin sholat, mengaji, sholat malam, sadaqah, berbuat baik sama tetangga," papar Bupati.

Atbah mendoakan, pengabdian ASN yang pensiun, diterima Allah sebagai amal dan ibadah bernilai pahala.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kab Sambas, mengucapkan terima kasih atas pengabdian ASN kepada Kab Sambas, kami doakan agar pengabdian itu dihitung sebagai amal dan ibadah bernilai pahala di sisi Allah," doa Bupati.

Kepala BKPSDMAD Kabupaten Sambas, Fatma A, mengatakan 133 orang ASN yang pensiun, 3 diantaranya pensiun atas permintaan sendiri.

Dijelaskan dia, ASN yang pensiun didominasi kategori batas usia pensiun guru berjumlah 97 orang atau 73 persen dari total jumlah yang pensiun.

"Untuk non guru atau umum, berjumlah 21 orang, pensiunan janda duda 12 orang, atas permintaan sendiri 3 orang, dan pensiunan guru 97 orang," Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini