-->

Wujudkan Pilkada Sambas Berstandar Covid-19

Editor: Admin author photo
Ket: KPU Kabupaten Sambas, Dinas kesehatan dan Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sambas saat melakukan penandatanganan Mou dalam mensukseskan Pilkada Sambas berstandar protokol covid-19. Kamis (9/7/2020) di Kantor Bupati Sambas.

Kabarsambas.com-Mewujudkan Pilkada Sambas aman yang berstandar Covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas melaksanakan kerjasama atau Mou dengan Dinas Kesehatan dan Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sambas.

Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi mengatakan sebelum melakukan penandatanganan Mou pihaknya bersama Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sambas telah melakukan rapat koordinasi.

"Ya, sebelum penandatanganan hari ini, Kamis (9/7/2020), kita bersama Dinas kesehatan dan Tim gugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Sambas," katanya. Kamis (9/7/2020) di kantor Bupati Sambas.

Mou ini untuk menindaklanjuti surat keputusan KPU RI yang telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Tim Gugas tugas percepatan penanganan Covid-19 Republik Indonesia.

"Sehingga kita juga dimintai KPU RI untuk bekerjasama dengan dinas kesehatan dan Tim Gugus tugas baik fit tingkat provinsi maupun kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah," tuturnya.

Dalam pelaksanaan Pilkada Sambas diharapkan tiga lembaga yang telah melaksanakan kerjasama mampu dalam mengawal percepatan penaggulangan Covid-19  di kabupaten Sambas.

"Secara garis besar nanti kita akan menyusun pedoman teknis terkait pelaksanaan penerapan protokol kesehatan untuk penanganan covid-19 dalam tahapan-tahapan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan Pilkada 2020," Tutupnya.

Sementara Kadis kesehatan Kabupaten Sambas, dr. Fattah Mariyunani mengatakan pihaknya selalu melakukan pengawalan terhadap setiap tahapan dalam pilkada kabupaten Sambas yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sambas.

"Ya, kita selalu mengawal tahapan KPU Sambas termasuk dalam pemeriksaan rapid test, hari ini saja kita melakukan pemeriksaan rapid test  sekitar 2.454 peserta PPDP dan PPS," tuturnya.

Fattah menghimbau masyarakat agar tidak perlu takut untuk datang ke TPS dalam melaksanakan hak dan kewajibannya untuk memilih karena semua sudah ada prosedur Kesehatan dalam penanganan Covid-19.

"Untuk masyarakat agar tidak perlu takut untuk ke TPS dalam memilih, karena semua tahapan selalu kita pantau sehingga semua tahapan telah melalui prosedur penanganan Covid-19, namun diharapkan masyarakat saat datang ke TPS tetap menggunakan masker dan mencuci tangan, kemudian jangan berdempetan dan perlu diperhatikan undangan untuk memilih karena sudah ada jam untuk datang ke TPS," katanya.

Mewakili Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sambas, Sunaryo penandatanganan Mou antara KPU, Dinas Kesehatan dan Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sambas merupakan komitmen pemerintah daerah Sambas dalam mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada tahun 2020.

"Kita berharap pilkada tahun 2020 ini, Pilkada yang berkualitas, berjalan lancar dan aman," katanya.

Pihaknya juga akan memberikan sosialisasi kepada seluruh stakeholder dan masyarakat bahwa dalam rangka untuk melaksanakan Pilkada ini telah sesuai dengan protokol kesehatan.

"Semoga keikutsertaan masyarakat dalam pilkada pada Desember 2020 ini meningkat," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini