KMP Bahtera Nusantara Peluang Perdagangan Sambas

Editor: Admin author photo
Ketua Komisi 2 DPRD Sambas, Ahmad Hafsak Setiawan.SP

Kabarsambas.com-Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sambas, Ahmad Hafsak Setiawan SP mengatakan dengan berfungsinya Kawasan Industri Semparuk (KIS) dan beroperasi KMP. Bahtera Nusantara 01 dimana kabupaten Sambas merupakan pelintasan jalur orang dan perdagangan tentu mendapatkan banyak manfaat untuk daerah.

"Tentu ini berpeluang yang sangat baik, dimana diharapkan bisa membuka jalur perdagangan barang komoditas pertanian Sambas dengan kepulauan Riau," ungkapnya. Senin (20/7/2020).

Legislator PPP tersebut menyampaikan bahwa telah diuji coba pengiriman jeruk sebanyak 5 ton ke Kepulauan Riau.

"Mudah-mudahan dengan dibukanya jalur Sintete-Kepri ini, bisa membuka pangsa pasar baru bagi komoditas jeruk Sambas yang saat ini jika panen raya berdampak dengan menurunnya harga jeruk," tuturnya.

"Selain itu, diharapkan kepada OPD terkait lebih giat untuk mempromosikan dan mencarikan peluang pasar untuk hasil pertanian kabupaten Sambas baik, jeruk sambas, beras, Pisang dan lainnya ke kepulauan Riau," Tambahnya.

Sambas dikatakan Hafsak meski mencari peluang produk-produk pertanian yang bisa dipasarkan ke kepulauan Riau dengan demikian pertanian kabupaten Sambas bisa berkembang.

"Pemda Sambas harus menjalin kerjasama dalam bidang perdagangan dengan provinsi kepulauan Riau, agar harga komoditas pertanian kabupaten Sambas bisa diterima disana," katanya.

Namun ada sedikit persoalan yang dikeluhkan pengusaha dimana masih mahalnya biayanya angkutan truck di KMP Bahtera Nusantara.

"Tentu kami menginginkan ada koordinasi antara dinas terkait dengan ASDP agar harga angkutan truck dapat diturunkan, sehingga tidak memberatkan pengusaha yang membawa komoditas pertanian kabupaten Sambas ke Kepulauan Riau," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini