-->


Kehadiran Pabrik Tebu, Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Editor: Admin author photo
Ketua Komisi II DPRD Sambas, Ahmad Hafsak Setiawan.SP

Kabarsambas.com-Pemerintah kabupaten Sambas beberapa waktu lalu menerima investor yang berencana untuk membangun pabrik pengolahan tebu.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Ahmad Hafsak Setiawan.SP mengatakan kehadiran investor yang berkeinginan membangun pabrik gula dikabupaten Sambas patut diapresiasi.

"Ya, kehadiran investor yang datang ke kabupaten Sambas yang ingin membangun pabrik gula patut diapresiasi, karena sejarahnya dulu sambas sudah pernah ada pabrik gula di kecamatan sekura," katanya. Selasa (28/7/2020).

Hafsak menjelaskan pekebun tebu patut kita hidupkan kembali dikarenakan sekarang kabupaten Sambas sangat ketergantungan terhadap pasokan gula dari daerah jawa.

"Bahkan kita tidak bisa menutup mata kalau kita pun ketergantungan pasokan gula dari Malaysia sehingga kalau kita kabupaten sambas bisa mempunyai pabrik gula jelas kita tidak terlalu bergantung dengan gula Malaysia lagi," ungkapnya.

Legislator PPP mengungkapkan jika sudah ada pabrik gula dikabupaten sambas tentu bisa meningkatkan perekonomian kabupaten Sambas.

"Kehadiran pabrik gula tentu bisa meningkatkan perekonomian kabupaten Sambas, khususnya nanti pasti akan banyak lapangan pekerjaan baru bagi masyarkat Sambas kemudian meningkatkan ekonomi khususnya petani tebu yang akan bermitra dengan pabrik gula," ujarnya.

Selain itu, tentu ada kepastian dan jaminan terkait harga tentu bisa bermitra dengan perusahaan pabrik gula.

"DPRD terutama komisi II sangat berharap investor benar-benar membuat pabrik gula, kemudian dinas terkait meski memberikan sosialisasi dan pemahaman ke masyarakat untuk bisa bermitra dengan investor tersebut," katanya.

Kemudian dinas terkait diharapkan bisa mendampingi petani tebu agar membentuk kemitraan yang bisa menguntungkan petani tebu.

"Sementara untuk investor yang masuk di harapkan dalam pengurusan ijinnya di permudah dan tidak berbelit-belit, karena masuknya investor jelas sangat menguntungkan khususnya bagi kemajuan pertanian di kabupaten Sambas yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat," Pungkasnya.(Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini