-->

Kampung KB, Wujudkan Keluarga Berencana

Editor: Admin author photo
Foto Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan ke kampung KB. Selasa (14/7/2020) di Desa Arung Medan kecamatan Tekarang.

Kabarsambas.com-Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH melakukan kunjungan kerja ke Kampung KB di Desa Arung Medang Kecamatan Tangaran. Selasa (14/7/2020).

Atbah berharap kehadiran Kampung KB meningkatkan peran semua lintas sektor dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan terhadap masyarakat. Sehingga bagaimana hadirnya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

"Ya, untuk itu diperlukan kerja keras, upaya terpadu, terintegrasi antar lembaga baik vertikal maupun lokal, OPD, lintas sektor, LSM, stakeholder, media dan seluruh lapisan masyarakat dalam mensukseskan program di kampung keluarga berkualitas," katanya.

Selain bupati hadir juga dalam kunjungan ke Kampung KB itu, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny C Soriton SSos MM, Asisten I Setda Kab Sambas, Kadis P3AP2KB dan beberapa pejabat eselon II Pemda Kabupaten Sambas, Ketua TP PKK Kab Sambas dan Ketua DWP Kab Sambas.

Kedatangan Bupati dan rombongan di Kampung itu disambut langsung Camat Tangaran dan Kades Arung Medang.
Tujuan kunker itu dalam rangka Program Bangga Kencana, yaitu Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana secara terpadu.

"Kampung KB mempunyai tujuan umum meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program bangga kencana atau pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana," tutur Bupati.

Kadis P3AP2KB Kabupaten Sambas, Uray Hendi Wijaya, mengatakan Program KB yang digagas pemerintah pusat dengan konsep Bangga Kencana, merupakan program yang digalakkan guna menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia.

"Bangga Kencana mengacu pada keluarga yang segala sesuatunya terencana. Seperti Jumlah anak, pendidikannya kelak, penjaminan mutu hidup, umur dan waktu hami serta kesehatan gizinya," jelasnya.

Diingatkan Kadis, Bicara kependudukan tidak hanya bicara tentang jumlah penduduk saja. Namun juga mencakup pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, kondisi kesejahteraan dan juga politik, ekonomi, sosial, budaya, agama serta lingkungan.

"Kondisi kependudukan saat ini yang kita hadapi, dalam mengatasinya tidak cukup hanya pemerintah daerah saja, tetapi harus ada dukungan dari semua pihak. Dimana saat ini pemerintah mempunyai program bangga kencana yang salah satunya adalah kampung KB atau kampung keluarga berkualitas," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Kalbar, Tenny C Soriton S.Sos, MM, mengatakan Program Bangga Kencana Kampung KB, merupakan salah satu upaya untuk membangun keluarga bahagia dan sejahtera di tingkat desa dan mewujudkan keluarga berkualitas.

Kata dia, kampung keluarga berkualitas, yaitu suatu wilayah yang terdapat keterpaduan Program Bangga Kencana dan pembangunan sektor terkait yang di laksanakan secara sistematis.

"Saya mengajak, seluruh komponen yang ada di Kab Sambas untuk mensukseskan hadirnya, keluarga-keluarga berkualitas guna menunjang Indonesia Maju," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini