-->

Jambore Genre Sakinah Semai Gerakan Revolusi Mental

Editor: Admin author photo
Foto Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menghadiri kegiatan jambore genre sakinah tahun 2020 di Kampung KB. Selasa (21/7/2020) di Kantor Camat Galing
Kabarsambas.com-Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengajak menyukseskan Jambore Genre Sakinah tahun 2020 di Kampung KB.

Hal ini disampaikan Bupati saat membuka kegiatan Jambore Genre Sakinah di Kampung KB di Gedung Kantor Camat Galing, Selasa (21/7/2020).

Atbah mengungkapkan jambore genre sakinah merupakan upaya menyemai gerakan revolusi mental.

"Diperlukan peningkatan kegiatan remaja, melalui jambore genre sakinah tahun 2020 di kampung kb diharapkan menjadi wadah menyemai gerakan revolusi mental  dan membentuk generasi remaja yang tangguh menghadapi segala tantangan," ujarnya.

Pembinaan ketahanan remaja lanjut dia, merupakan bagian dari kebijakan pembangunan keluarga dalam upaya menyiapkan remaja sebagai calon orang tua.
maka diperlukan generasi remaja yang kedepannya mampu membangun keluarga sakinah dengan tujuan untuk melahirkan generasi yang juga berkualitas secara mental dan spiritual.

"Negeri ini juga memerlukan remaja sebagai calon penduduk usia produktif yang mampu menjadi aktor atua pelaku pembangunan khususnya di kabupaten sambas," terangnya.

Bupati Berharap kegiatan ini membuat para remaja mengetahui strategi apa yang harus dilakukan sebagai generasi milenial mewujudkan keluarga sakinah. Ditambahkan Atbah, generasi milineal harus paham menjaga hubungan harmonis dengan seluruh anggota keluarga dan merasa rumahku adalah surgaku.

"Diharapkan Jambore Genre Sakinah, semakin memperkuat komitmen peningkatan pembinaan  program genre mengedukasi tentang keluarga sakinah bagi remaja sebagai calon orang tua. Terjadi peningkatan kontribusi dan peran serta pengelola program genre dalam mengurangi tingkat kekerasan dan perceraian dalam keluarga di kabupaten sambas," tuturnya.


Sementara Kadis P3AP2KB Kab Sambas, H Uray Hendi Wijaya SKM MPH, mengatakan Undang-undang  nomor 52 tahun 2009 pasal 48, pembinaan ketahanan remaja dilakukan dengan memberikan akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga. Dijelaskan dia, amanat itu selaras makna dari salam genre.

"Salam genre itu sendiri yaitu katakan tidak pada nikah dini, katakan tidak pada seks bebas dan katakan tidak pada napza. Outcome dari pembinaan ketahanan remaja adalah terbentuknya generasi berencana atau genre," jelasnya.

Generasi Berencana dipaparkan Kadis, yaitu remaja yang memiliki perencanaan mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja dengan mempraktikkan hidup bersih dan sehat. Juga kata dia, terus melanjutkan pendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas.

"Jambore Genre Sakinah tahun 2020 ini bagian dari upaya pemerintah memasifkan dan memaksimalkan keberadaan kampung KB dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas remaja menjadi komponen masyarakat yang tangguh dalam segala tantangan. Agar lahir remaja-remaja yang punya kesiapan dan perencanaan berkeluarga yang sakinah," ujarnya.

Dijelaskan Hendi, event itu punya tujuan yang strategis dalam pembangunan keluarga yang berkualitas.

"Tujuan dari kegiatan ini sangat jelas, peningkatan pemahaman pentingnya pendidikan keluarga dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan membentuk pribadi yang sakinah yaitu pribadi yang berilmu, dan beramal shaleh berlandaskan pada keimanan dan ketaqwaan,"Pungkasnya. (Sai)
Share:
Komentar

Berita Terkini