Penyaluran BLT DD Kabupaten Sambas Capai Sembilan Milyar

Editor: Admin author photo
Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menyerahkan bantuan BLT DD ke warga yang menerima
Kabarsambas.com-Hingga dua minggu pertama bulan juni 2020, desa-desa di Kabupaten Sambas telah menyalurkan lebih dari 9 milyar rupiah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Disampaikan Kadis Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H Asmani melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Apriyandi mengatakan, hingga Selasa (16/6) sudah ada desa yang melakukan penyaluran BLT DD tahap ketiga.

"Untuk penyaluran BLT DD, memang ada tiga kali penyaluran. Setiap tahap penyalurannya, penerima manfaat mendapatkan uang sejumlah 600 ribu rupiah. Alhamdulillah untuk di Kabupaten Sambas, sudah hampir semua desa menyalurkan BLT DD ini," ujarnya.

Dituturkan Apriyandi, bulan ketiga atau tahap tiga penyaluran, desa pertama yang menyerahkan kepada penerima manfaat adalah desa singa raya kecamatan semparuk dengan jumlah penerima manfaat 46 orang.

Untuk tahap atau BLT DD Bulan pertama, kata dia, sudah dilaksanakan hampir seluruh desa di kab sambas.

"Penyaluran BLT DD bulan pertama sudah ada 183 desa, jumlah penerima manfaatnya 10834 orang, sedangkan bulan kedua, sudah 92 desa yang menyalurkan, dengan total penerima manfaat sejumlah 5109 orang. Dan penyaluran bulan ketiga, baru satu desa per 16 juni 2020, yakni desa singa raya kecamatan semparuk," tutur dia.

Total uang yang bergulir 16 juni 2020, Apriyandi menyebutkan 9 milyar 565 juta 800 ribu rupiah.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, menyambut baik dan mengapresiasi kerja cepat semua pihak terutama desa atas capaian penyaluran BLT DD itu. Dia berharap, desa-desa yang belum sama sekali melakukan penyaluran BLT DD segera melakukan penyaluran.

"BLT Dana Desa ini, sangat penting bagi penerima manfaat. Terutama menghadapi kondisi pandemi covid 19 ini. Adanya bantuan ini, dapat meringankan beban warga kita," tutur dia.

Bupati juga meminta dinas atau unit kerja teknis, memberikan bantuan dan kemudahan bagi desa-desa dalam menyalurkan BLT DD. Dia menginginkan, penerima manfaat tepat sasaran dan mempergunakan dana tersebut sesuai aturan yang berlaku.

"Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan banyak perhatian, terutama Presiden RI, Bapak Joko Widodo atas guliran BLT DD ini. Sudah selayaknya kita memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan sesuai yang telah diatur penggunaannya. insyaAllah berkah," Pungkasnya. (Sai)
Share:
Komentar

Berita Terkini