-->

Pemkab Distribusikan KKS Sembako Pengembangan

Editor: Admin author photo
Foto: Prokompim Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menyerhamen buku tabungan Program Sembako Pengembangan Program Bantuan Pangan No Tunai. Kamis (28/5/2020) lalu.

Kabarsambas.com-Pemerintah Kabupaten Sambas telah melakukan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera dan Buku Tabungan Program Sembako Pengembangan Program Bantuan Pangan Non Tunai.

Beberapa daerah yang telah melakukan pendistribusian KKS tersebut diantaranya, beberapa desa di kecamatan Sambas, seperti desa dalam kaum, durian, sei rambah, gapura, dan kartiasa. Di kecamatan Teluk Keramat, seperti desa mekar sekuntum, dan kecamatan sajad. 
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, mendistribusikan secara langsung KKS itu.

 Dalam sambutannya, Bupati mengatakan Kartu Keluarga Sejahtera sebagai instrumen pembayaran yang digunakan sebagai media penyaluran dana bantuan program sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat.

“Pemerintah Daerah berterima kasih kepada Pemerintah, Bapak Presiden, Menteri Sosial, Pak Gubernur atas digulirkannya bantuan ini. Saya langsung melakukan Pendistribusian kartu keluarga sejahtera dan buku tabungan program sembako pengembangan program Bantuan pangan non tunai kepada KPM dibeberapa Desa guna memastikan tepat sasaran,” ujar Bupati saat menghadiri pendistribusian di GOR Kecamatan Sajad dan Desa Mekar Sekuntum, Kamis (28/5/2020).

Kabupaten Sambas secara keseluruhan mendapatkan alokasi 11.484 keluarga penerima manfaat Program Sembako Pengembangan Program Bantuan Pangan Non Tunai. Pada KKS, tertera nama pengguna KPM, nomor KKS, nama bank penyalur dan nomor telepon pengaduan.

“Manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berterima kasih kepada pemerintah, dan tetap syukuri nikmat Allah ini,” ingat Bupati.

Harapan Bupati, program dimaksud, turut meringankan beban warga dalam kondisi pandemi covid 19 sekarang ini.

Kadis Sosial PMD, H Asmani melalui Kepala Seksi di Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Very Iska, mengatakan Kartu KKS tersebut telah di Top Up oleh Kemensos RI setiap bulannya sebesar 200 ribu.

“Penggunaan KKS ini bagi Keluarga Penerima Manfaat dapat belanja di e-warong untuk membeli bahan pangan seperti beras, telur, daging ikan, ayam atau sapi, sayur buah-buahan, kacang-kacangan termasuk tempe dan tahu,” tutur Iska.

Diingatkan dia, Bantuan sembako ini tidak bisa digunakan KPM membeli untuk keperluan minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, MP Asi Pabrikan, mie instan, pulsa, rokok dan bahan pangan lainnya yang tidak termasuk dalam point diatas. Fungsinya sebut dia sebagai alat transaksi sehingga pada saat pemanfaatan bantuan wajib dibawa oleh KPM.

“KKS ini Menyimpan nilai besaran manfaat bantuan panganan yang diberikan. Jika tidak digunakan pada bulan berjalan dana bantuan tidak akan hilang. Namun KPM dihimbau untuk memanfaatkan seluruh dana bantuan pada saat transaksi. Manfaat program sembako ini tidak dicairkan secara tunai,” Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini