-->

Upaya Penanggulangan Covid-19. Pemkab Sambas Alokasikan Rp 23,8 Miliar

Editor: Admin author photo
Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc.MH

Kabarsambas.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 23,8 Miliar untuk penaggulangan dan pencegahan virus Covid-19 di Kabupaten Sambas.

Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH mengatakan pihaknya telah mempersiapkan anggaran sebesar Rp. 23,8 Miliar dalam penanganan pendemi Covid-19 di Kabupaten Sambas.

Anggaran tersebut disampaikan Bupati bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Sambas.

"Pemerintah daerah sudah melakukan beberapa upaya dalam penanganan penyebaran covid-19, yang pertama kami telah melakukan realokasi dan refocusing APBD sebesar Rp 23,8 Miliar yang akan di gunakan untuk beberapa hal sesuai dengan instruksi Mendagri," katanya, Rabu (8/4/2020).

Anggaran tersebut akan digunakan untuk beberapa hal. Pertama adalah untuk penanganan kesehatan, kedua anggaran untuk gugus tugas dan ketiga adalah untuk penanganan dampak ekonomi yang timbul akibat Corona.

"Kami telah menyiapkan anggaran Rp 9,3 miliar untuk penanganan kesehatan, di tiga rumah sakit, dan 28 puskesmas," jelasnya.
Kemudian untuk anggaran gugus tugas, yang akan digunakan untuk pengamanan, pencegahan, logistik serta operasional gugus tugas, juga sudah di siapkan anggaran.

"Untuk gugus tugas itu sebesar Rp 6,4 Miliar," ungkapnya.

Selanjutnya untuk penanganan dampak ekonomi dari merebaknya virus Covid-19. Pemerintah juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 8.03 Miliar. Yakni untuk penanganan dampak ekonomi akan mereka salurkan dalam dua tahap.

"Menyiapkan anggaran untuk penanganan dampak ekonomi, diantaranya subsidi harga kebutuhan pokok yang akan dilaksanakan sebelum bulan Ramadhan, Rp 2 Miliar dan bantuan bahan pangan kepada masyarakat terdampak, yang akan disalurkan menjelang Idul Fitri sebesar Rp 6,03 Miliar, untuk kurang lebih 45 ribu Kepala Keluarga," terangnya.

Sementara untuk anggaran penanganan kesehatan sebesar Rp 9,3 Miliar, itu belum termasuk realokasi dana DAK sebesar Rp 27,8 Miliar, yang digunakan untuk pembangunan ruang isolasi dan alkes penunjang. Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini