-->

Perusahaan Meski Mengakomodir Karet Masyarakat

Editor: Admin author photo
Erwin Johana
Kabarsambas.com-Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana mengatakan perusahaan mesti mengakomodir karet masyarakat.

"Ya, jangan sampai pada saat situasi pandemik masyarakat kita yang memiliki hasil karet malah kesulitan menjual produk mereka," katanya. Selasa (14/5/2020)

Legislator PKB tersebut mengatakan kualitas karet yang dimiliki oleh petani Kabupaten Sambas sangatlah baik, meskipun kadang bervariasi.

"Ya, secara umum kualitas karet kita sangat baik, ini dikarenakan umur pohon karet yang dimiliki masyarakat rata-rata sudah memasuki rentang produktif, akan tetapi memang tata cara pengolahan tradisional pasca panen yang mungkin membuat nilainya sedikit turun," tuturnya.

Namun persoalan yang paling penting untuk diawasi adalah keberadaan tengkulak yang mempermainkan harga. Dia berharap hal ini tidak terjadi di Kabupaten Sambas.

"Kita tidak ingin ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan sepihak dari petani karet, misalnya tengkulak yang mempermainkan harga, karena itu mesti selalu dilakukan pengawasan oleh pemerintah daerah terhadap perkembangan harga karet berbagai kelas di lapangan," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini