-->

BPTP Kalbar Terus Dorong Pemuda Untuk Menjadi Petani

Editor: Admin author photo
BPTP Kalbar saat mengunjungi petabi milenjam di Kabupaten Sambas. Senin (13/2/2020).

Kabarsambas.com-Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat terus berupaya mendorong para pemuda agar bisa mengambil peran sebagai petani milenial yang bisa meningkatkan perekonomian.

Kepala BPTP Kalbar Dr. Achmad Musafak, SP. MP mengatakan pihaknya  terus berupaya untuk membantu mencarikan jalan agar dapat membantu petani milenial di Kabupaten Sambas, Salah satunya caranya adalah bekerjasama dengan pihat Bank yang ada diwilayah Kalimantan Barat untuk membantu petani milenial.

"Pada waktu itu juga kami berkomunikasi dengan pimpinan BI Kalbar untuk bisa membantu petani milenial Sambas, Alhamdulillah BI Wilayah Kalbar membantu beberapa sarana produksi, salah satunya mesin penggilingan padi (RMU), Cultivator, sumor bor dan demplot padi," katanya. Senin (13/5/2020).

Kemudian untuk lembaga ekonominya juga juga didorong saat ini Gegertani juga sudah membentuk Koperasi, dimana ada sebuah lembaga ekonomi yang nantinya bisa membantu para petani milenial.

"Kita dari BPTP Kalbar akan melakukan penguatan di sektor ekonominya, pembinaan harus selalu kami lakukan untuk memajukan sebuah koperasi yang kami bina, saat ini juga pemerintah menyiapkan beberapa anggaran untuk Kredit Usaha Rakyat, maka kami juga bantu bagaimana Koperasi Agro Inovasi Gegertani bisa mendapat akses permodalan," ungkapnya.

Untuk diketahui BPTP Kalbar juga sudah lama berkontribusi untuk Kabupaten Sambas dengan menggandeng Generasi Penggerak Pertanian (Gegertani) Kabupaten Sambas suatu organisasi masyarakat yang mendorong Petani Milenial untuk terjun dalam dunia Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

Sementara Ketua Koperasi Agro Inovasi Gegertani, Munir sangat mengapresiasi langkah BPTP Kalbar yang sangat luar biasa pengabdianya, pembinaan untuk petani milenial di Kabupaten Sambas, dan itu sebuah motivasi yang baik di suport oleh orang-orang yang punya dedikasi yang tinggi untuk Kabupaten Sambas

"Untuk Koperasi Agro Inovasi Gegertani sudah berjalan hampir 1 tahun, dan memiliki ratusan anggota dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas, saat ini juga kita mendorong beberapa unit usaha salah satunya penjualan beras milenial yang secara kemasan juga kami di bantu oleh BPTP Kalbar." Ungkapnya.

Munir juga menambahkan ada beberapa sudah berjalan melalui Koperasi Agro Inovasi Gegertani adalah unit usaha warung yang terletak di Sekura Kecamatan Teluk Keramat, dan Toko Tani Keliling yang kami arahkan di Kecamatan Jawai, dan kami juga bercita-cita ke depan melalui Koperasi Agro Inovasi Gegertani juga bisa membuka sebuah lapangan pekerjaan. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini