-->

Siapkan Posko Bersama di PLBN Aruk

Editor: Admin author photo
Forkopimda Kabupaten sambas melaksankan rapat terkait perkembangan wabah Covid-19 atau Corona, Minggu (22/3/2020)

Kabarsambas.com-Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sambas melaksanakan rapat terkait perkembangan wabah Covid-19.

Dalam Rapat ini dihadiri oleh Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, di dampingi oleh Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah, Sekda Sambas Ferry Madagaskar, Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo, Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono. Minggu (22/3/2020).

Rapat tersebut, dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Sambas. Atbah mengatakan dari hasil rapat dilaksanakan sejak siang hingga sore itu. Mereka sepakat untuk meningkatkan keamanan dan kesiapsiagaan penanganan virus Covid-19 di setiap Perbatasan. 

Menurutnya, bukan hanya di perbatasan antar Negara, tapi juga di perbatasan antar Kabupaten dan Kota.

"Tim gugus tugas akan kami tugaskan memperkuat perbatasan PLBL. Sehingga kita berharap disana akan dibentuk posko bersama sehingga tim kita bertugas optimal," ungkapnya.

"Karena itu pintu masuk, jadi TNI, Polri, Pemda dan dinas-dinas terkait. Seperti Kesehatan, Sosial, dan semua instansi vertikal terlibat dalam gugus tugas itu," tambahnya.

Bupati menegaskan nantinya bukan hanya dilaksanakan pemeriksaan di PLBN Aruk saja. Tapi juga antara perbatasan Sambas dan Singkawang juga akan dilaksanakan pemeriksaan.

"Pengawasan kita maksimal di pintu perbatasan dan saya juga berharap pintu perbatasan Singkawang juga harus paling tidak ada pemeriksaan terkait dengan suhu badan, kesehatan, dan juga di Sintete," ujarnya.

Dirinya menjelaskan akan dilaksanakan untuk menghadang penyebaran virus Covid-19 untuk masuk ke Kabupaten Sambas. Dengan harapan bisa meminimalisir dampak, sehingga tidak tertular kepada masyarakat.

"Ini untuk menghadang  menghadang virus Covid-19. Untuk itu kami optimistis dalam mengantisipasi virus ini. Kami optimal menghadang, karena kami ingin jangan sampai ada warga kami yang terpapar," tuturnya.

Sementara itu, untuk PLBN yang juga batas negara Atbah berharap agar ada bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.
Ia menegaskan, untuk wilayah perbatasan, saat ini memang memiliki banyak kekurangan. Namun karena Sambas berada di pintu terdepan dari pada Perbatasan Pemkab Sambas akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19.

"Kami berupaya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang ada, jadi di PLBN kami akan melakukan yang terbaik karena ini berada di wilayah kami," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini