-->

Sambas Menduduki Peringkat 15 Kerawanan Pemilu

Editor: Admin author photo
Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellarminus Herry Ananto saat menyampaikan arahan dalam acara pelantikan PPK Se Kabupaten Sambas. Sabtu (29/2/2020)

Kabarsambas.com-Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellarminus Herry Ananto Pratikno menyebutkan indeks kerawanan Pemilu Kabupaten Sambas yang dikeluarkan Bawaslu RI menduduki peringkat ke-15 tingkat Nasional.

Hal ini disampaikan Kapolres saat menghadiri pelantikan PPK. Selasa (29/2/2020).

"Ya, Kabupaten Sambas ini merupakan perangkat ke-15 Indonesia yang memiliki kawanan pemilu, salah indikatornya adalah partisipasi pemilih dan tentang penyelenggara pemilu yang tidak netral, masalah sosial dan sebagainya," ungkapnya.

Dalam hal ini disampaikan Kapolres menekankan persoalan partisipasi pemilih dan tentang penyelenggara.

"Masalahnya yang dihadapi yakni masyarakat enggan untuk memilih dimana masyarakat takut datang ke TPS, begitu juga kebanyakan masyarakat diluar daerah, contoh dikabupaten Sambas bekerja sebagai TKI ke Malaysia," ungkapnya.

"Maka dalam hal ini perlu ditingkatkan dalam sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,"tambahnya.

Kemudian terkait dengan individu penyelenggara tersebut juga berkaitan dengan partisipasi masyarakat dimana apabila partisipasi masyarakat rendah tentu ada kelebihan surat suara tentu ini menjadi satu kerawanan dan menjadi godaan tersendiri sebagai penyelenggara.

"Kita harus melaksanakan pemilu dengan baik dan profesional, kita inginkan pelaksanaan Pemilu aman, damai dan sejuk," ujarnya.

Disampaikan Kapolres pihak bersama TNI telah siap dalam mengamankan pemilu. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini