MUI Kabupaten Sambas Menghimbau Masyarakat Untuk Tetap Tenang Hadapi Covid-19

Editor: Admin author photo
Dr.H.Sumar'in

Kabarsambas.com-Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sambas menyampaikan kepada seluruh kaum muslimin di Kabupaten Sambas untuk dapat berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-I9).

Hal ini disampaikan Sekretaris MUI Kabupaten Sambas, Dr.H.Sumar'in, himbauan tersebut kata dia, selain agar masyarakat tetap tenang dalam menghadapi ujian covid-19 juga memuat tentang tata cara beribadah selama pandemi ini berlangsung.

"Berdasarkan Fatwa MUI No. 14 Tahun 2020 tertanggal 16 Maret 2020/21 Rajab 1441 H tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Coruna virus Disease-19 (Covid-19), maka dengan ini
kami menghimbau pada seluruh kaum muslimin di Kabupaten Sambas untuk dapat berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-I9)," katanya. Kamis  (23/3/2020).

Sumar'in mengatakan agar setiap umat muslim di Kabupaten Sambas untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ihadah, taubat, istighfar, dzikir, memperbanyak shalawat, sedekah, serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya ( daf'u al-hala"), khususnya dari wabah COVID-19.

"Membaca Qunut Nuzilah di setiap shalat fardhu, mengupayakan pelaksanaan Sholat Jumat dilaksarakan dengan jamaah yang homogen atau tidak melibatkan orang/jamaah di luar kelompok, atau masyarakatnya) dan diyakini lingkungan masjid/jamaah tidak ada yang tersuspect virus corona (Covid-19)," paparnya.

Selanjutnya kata Sumar'in, Masjid untuk pelaksanaan Sholat Jumat Berjamaah dibersihkan terlebih dahulu dengan disinfectan.

"Pengurus masjid (DKM) harus menyediakan hand sanitizer di area Masjid, kemudian setiap jamaah yang akan melaksanakan Sholat Berjamaah membawa akas/sajadah masing masing, Imam disarankan untuk membaca surat-surat pendek," katanya.

Setiap jamaah lanjut dia, juga tidak diperkenankan melakukan kontak langsung dengan sesama jamaah (bersalaman dan berpelukan).

"Setelah melaksanakan Sholat, semua jamaah membubarkan diri dan diajurkan memperbanyak aktivitas dan ibadah di rumah masing-masing," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini