-->

Lomba Mancing Udang Ajang Promosi Daerah

Editor: Admin author photo
Peserta Lomba Mancing Udang saat memancing. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah desa Kartiasa. Minggu (1/3/2020)

Kabarsambas.com-Sebanyak 161 Peserta dari berbagai daerah di Sambas mengikuti lomba mancing udang se-kabupaten Sambas.

Acara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kartiasa ini didukung oleh komunitas-komunitas pemancing di Sambas. Minggu (1/3/2020).

Lomba ini juga bertujuan untuk mempromosikan Sungai Sambas Besar wilayah Desa Kartiasa, Kecamatan Sambas, sebagai destinasi memancing udang galah yang menjanjikan.

Kepala Desa Kartiasa Edy Rachman mengatakan, pihaknya akan menggelar acara tersebut setidaknya setahun sekali.

"Ini guna mempromosikan Sungai Sambas Besar khususnya di Desa Kartiasa, bahwa potensi ekonomi perikanan jenis udang air tawar masih sangat baik dan menjanjikan," katanya.

Edy Rachman menuturkan kegiatan ini juga bertujuan mempromosikan Desa Kartiasa,  sebagai daerah pemancingan udang.

"Di Kartiasa kita memiliki spot memancing udang yang sangat baik, masyarakat dan pemerintah desa selalu menjaga kelestarian sungai, selain itu memancing di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kartiasa juga sangat mudah, mulai dari akses jalan yang baik, sampai penyewaan aneka jenis sampan, toko pancing dan umpan sampai makanan pun tersedia," katanya.

Kedepan Kata Edy Rachman, bila memungkinkan pihaknya akan berupaya menggelar kegiatan serupa dengan skala yang lebih luas lagi.

Sementara itu, Kapolsek Sambas Kompol Sunarno yang juga turun ke sungai melakukan peninjauan mengatakan kegiatan tersebut berjalan lancar.

"Alhamdulillah kegiatannya ramai dan berjalan lancar, ini sangat baik untuk mendukung agenda pariwisata, khususnya bermanfaat bagi Desa Kartiasa itu sendiri," katanya.

Kegiatan Lomba Memancing bisa dilaksanakan karena kondisi sungai cukup baik dan tidak terjadi pencemaran.

"kita menghimbau agar masyarakat tidak menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah, jangan menangkap ikan dengan menggunakan racun atau menyetrum, jagalah sungai agar ikannya bisa kita konsumsi," tukasnya.

Pemenang pada Lomba Mancing Udang kali ini yakni Juara Pertama Suprianto asal Kecamatan Semparuk, Juara Kedua Manan asal Desa Kartiasa, dan Juara Ketiga Hendri dari Kecamatan Sambas. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini