Kades Meski Kelola Keuangan Sesuai Aturan

Editor: Admin author photo
Foto: Humas Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhali.Lc MH saat memberikan sambutan dalam acara bimtek peningkatan kopekompet kepala desa di hotel Pantura beberapa waktu lalu.

Kabarsambas.com-Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengingatkan para kepala desa terutama yang baru dilantik untuk memperhatikan dengan seksama penyelenggaraan roda pemerintahan.

Termasuk terkait penyelenggaraan atau pengelolaan keuangan negara yang dilimpahkan ke desa. Dimana dalam pergunakan keuangan negara dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

"Jangan sampai terjadi penyelewengan penggunaan keuangan negara. Patuhi aturannya, manfaatkan pengelolaan keuangan negara untuk kesejahteraan rakyat," katanya saat menghadiri bimbingan teknis peningkatan kompetensi kepala desa Kabupaten Sambas di Hotel Pantura Jaya beberapa waktu lalu.

Diingatkan Atbah, kepala desa bertanggung jawab terhadap kemajuan pembangunan desa dimana kepala desa adalah presidennya desa.

"Anda adalah presiden di desa, anda mempunyai kewenangan yang besar dalam memajukan desa. Ingat, berikan konsen pada pelayanan masyarakat, pergunakan uang negara sesuai perencanaan dan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Atbah meminta, kades ikhlas dalam mengemban amanah mulia sebagai pemimpin desa. Dia mengajak untuk mencari keberkahan dalam amanah itu.

"Jika niat kita untuk mencari keberkahan Allah SWT, InsyaAllah pertolongan Allah selalu ada dalam setiap urusan kita mengurus negeri ini," jelasnya.

Bupati mengatakan, penggunaan keuangan desa sekarang ini sudah banyak mendapat perhatian aparatur hukum. Atbah mengatakan sudah banyak contoh kasus penyelewengan keuangan negara melibatkan pemimpin di desa.

"Harapan saya, aparatur desa di Kabupaten Sambas tidak ada yang tersangkut kasus hukum akibat pengelolaan keuangan negara. Adanya kucuran dana desa maupun alokasi dana desa, adalah bentuk perhatian Pemerintah Indonesia untuk desa. InsyaAllah kita akan selalu dikawal aparatur hukum dalam membangun desa," ujarnya.

Atbah menegaskan, dirinya selalu berupaya menjadi teladan yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya penggunaan keuangan negara. Dimana kesuksesan adalah mampu menghadirkan penyelenggaraan keuangan negara tanpa terjadi penyelewengan.

"Kepala desa saya minta hadirkan kondisi desa yang kondusif. Ajak atau libatkan komponen masyarakat untuk membangun desa. Bangun akhlak desa kita, kesantunan. Rangkul semua komponen untuk bersama membangun kemandirian desa," tegasnya.

Menyikapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak, Atbah mengajak semua komponen yang ada didesa dewasa dalam berpolitik. Dia berharap adanya zero aduan pada Pilkada serentak kali ini.

"Sesuai aturan, pada kades dan aparaturnya harus netral dalam pemilukada nanti, jangan memihak, kades dan aparaturnya tidak diintervensi dan tidak terintervensi. Jangan kampanye hitam, dan kades maupun aparaturnya harus memilih, sukseskan pemilukada nanti," katanya.

Bupati berharap pemilukada kedepan, berlangsung lancar aman dan sukses. Diirinya berkeyakinn sambas akan melahirkan pemilukada yang beradab.

"Seperti yang kita ketahui, pemilukada yang akan kita gelar nanti, memerlukan dana yang besar. Sangat merugikan jika ini tidak berlangsung sukses. Kita harus sukseskan ini, siapapun yang terpilih nanti, adalah pilihan rakyat, pemilukada ini harus suka cita, layaknya kita memilih ketua kelas, suka ria dan tidak ada gaduhnya. Mulai sekarang kita ciptakan pemilukada dengan peradaban yang lebih beradab," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini