Bupati Ajak Kades Tanggap Covid-19

Editor: Admin author photo
Foto nerbers seusai pelantikan DPC Asosiasi Perangkat desa seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sambas periode 2020-2025. Kamis (18/3/2020) di gedung serbaguna Tebas

Kabarsambas.com-Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili lc MH menghadiri Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pengurus Dewan pimpinan cabang (DPC) Asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia (Apdesi) kabupaten Sambas periode 2020-2025.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis, (18/3/2020) di gedung serbaguna Tebas, juga dihadiri Wakil Bupati Sambas, Hj.Hairiah.SH MH ini dirangkai dengan deklarasi tanggap korona oleh seluruh kepala desa Se-kabupaten Sambas.

Atbah meminta kepala desa agar dapat mensosialisasikan pencegahan virus korona kepada masyarakat didesa mereka masing-masing.

"Kepala desa dalam hal ini wajib menyampaikan sampai ke level paling bawah ke ketua RT bahkan rumah rumah tentang virus Covid-19, supaya masyarakat kabupaten Sambas terbebas terlepas terhindar dari virus Covid-19, yang tidak ada manfaatnya. Saya berharap kades mensosialisasikan kepada masyarakat desa, kita tidak ingin Sambas terpapar korona," ujarnya.

Bupati juga marasa bangga terhadap Apdesi karena mempunyai fungsi sebagai sarana memajukan desa.

"Kami sangat bangga Apdesi memiliki visi dan fungsi yang sangat mulia, salah satunya adalah bahwa Apdesi punya fungsi sebagai sarana untuk berkomunikasi diantara sesama. Sebagai sarana untuk memfasilitasi seluruh aparat desa, sebagai sarana untuk berkomunikasi, sarana untuk advokasi bersama, sarana berjuang bagaimana kita memajukan desa masing-masing," paparnya.

Fungsi yang juga sangat mulia lanjut Atbah adalah fungsi kemitraan, dalam hal ini sebut Bupati Apdesi adalah mitra semuanya terutama mitra pemerintah daerah, LSM.

"Fungsi kemitraan terus kita sebar, dimana-mana karena kita ingin berteman dan bersahabat dengan siapapun. Juga mitra aparat penegak hukum, mitra seluruh masyarakat yang ada didesa," katanya.
Atbah juga mengingatkan para kepala desa yang tergabung dalam Apdesi, untuk selalu menjaga kekompakan.

"Dengan adanya organisasi semacam ini, kita berharap kita semakin kompak. Bisa membangun kekompakan, mampu membangun keteduhan dan ketenangan dalam organisasi dan jangan ada konflik internal, pertemanan tidak boleh ada konflik," harapnya.

Kepala desa juga diharapkan oleh Bupati Sambas, untuk dapat saling mengingatkan sesama kepala desa. Sehingga bisa saling menjaga antara satu dengan yang lainnya.

"Saya berharap Kepala desa meningkatkan sikap solidaritas, saling mengingatkan, jika ada penyelewengan untuk saling mengingatkan agar tidak melakukan penyelewengan. Jangan sampai diambil alih penegak hukum, agar saudara kita betul-betul kita jaga.

"Saya harap kita bersemangat melakukan pembangunan didesa masing-masing," tuturnya.

Sementara ketua Apdesi kabupaten Sambas, Khalid mengatakan dalam memajukan organisasi Apdesi akan terlebih dahulu memprioritaskan pengadaan sekretariat Apdesi kabupaten Sambas.

"Apdesi kabupaten Sambas belum mempunyai sekretariat, untuk itu upaya pertama yang akan kita lakukan menghadirkan sekretariat Apdesi kabupaten Sambas,"Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini