-->

Pemda Gencar Upayakan Seluruh Dusun Teraliri Listrik

Editor: Admin author photo
Foto: Humas Pemkab Sambas
Ket:Bupati sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat berdialog bersama warga, camat jawai, kades pelimpaan dan manager PLN ULP Pemangkat. Kamis (20/2/2020) di desa Pelimpaan Kecamatan Jawai

Kabarsambas.com-Bupati Sambas.H Atbah Romin Suhaili Lc MH, memantau langsung Kegiatan PLN Unit Layanan Pelanggan Kecamatan Pemangkat melakukan survei pemasangan jaringan listrik di Dusun Karya Desa Pelimpaan Kecamatan Jawai, Kamis (20/2/2020).

Bersama Camat, Kades Pelimpaan dan warga yang berjamaah di Masjid Baiturahman Dusun Karya Desa Pelimpaan, Bupati berdialog langsung dengan pimpinan PLN ULP Pemangkat Robby Andreas.

Dalam dialog itu Robby mengatakan sedang melakukan survei pemasangan jaringan listrik untuk Dusun Karya Desa Pelimpaan. Kata dia, untuk Kecamatan Jawai memang menjadi wilayah wewenang PLN ULP Pemangkat.

"Segera dusun ini akan kita lakukan pemasangan tambahan jaringan listriknya. Tim survei sedang melakukan monitoring lapangan. Dan dalam waktu dekat, jaringan sudah bisa terpasang," tutur Robby.

Dia menyebutkan, Kecamatan Jawai tahun ini mendapat kurang lebih 5 titik yang mendapat penambahan jaringan listrik. Dicontohkan dia dititik Sekentol maupun Matang Tangkit.

"Untuk dusun Karya ini, kemarin sempat mendapat telpon langsung Pak Bupati, katanya, ketika itu beliau sedang kegiatan bermalam didesa tersebut. Bersyukur dalam waktu ini bisa kita realisasikan. Ini berkat usaha bersama," tuturnya.

Baini, Kades Pelimpaan Kecamatan Jawai, membenarkan bahwa Bupati sempat menelpon pihak PLN saat warga Dusun Karya Desa Pelimpaan mengadukan kondisi listrik di dusun itu. Dijelaskan Baini, aduan itu disampaikan saat Bupati menggelar kegiatan bermalam di Desa Pelimpaan tahun 2019.

"Saya selaku kades bersyukur, Alhamdulillah Allah mudahkan, ini memang upaya bersama, terlebih dukungan dan dorongan dari Bupati Sambas yang memberikan komitmen menghadirkan jaringan listrik untuk semua warganya," terangnya.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, mengatakan, komitmen dia menghadirkan jaringan listrik bagi semua dusun, sudah sesuai nawacita Presiden RI. Yakni kata dia, negara hadir hingga dipelosok negeri.

"Arahan presiden, tidak ada lagi alasan, dikarenakan lokasi permukimannya tidak padat, tidak mendapat prioritas pemasangan jaringan listrik. Tetapi, belum ada listrik, hadirkan," ujarnya.

Atbah mengatakan, jika dilihat dari data perdesa, Kab Sambas sebut dia sudah seratus persen teraliri listrik. Hanya saja, diungkapkan Bupati, masih banyak dusun yang belum teraliri listrik.

"Semua Desa Alhamdulillah sudah, tapi jika dusun, masih banyak yang belum. Contohnya Desa Pelimpaan, masih terdapat Dusun yang belum teraliri jaringan listrik," sebut dia.

Upaya Pemda terang Bupati secara terus menerus berkomunikasi dengan pihak PLN baik yang ada di Kabupaten Sambas, Area Singkawang hingga Regional Kalbar dan Pusat. Data dusun-dusun yang belum teraliri listrik lanjut dia, selalu diperbaharui dan disampaikan ke Pihak PLN.

"Pemda telah beberapa kali mengirim surat ke PLN, pada beberapa pertemuan dengan Manager Regional Kalimantan, juga sudah kita sampaikan kondisi kita. Alhamdulillah responnya, seperti beberapa dusun telah dipasang jaringan aliran, seperti dipinang merah, insyaAllah dusun Karya Pelimpaan ini," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini