Hairiah Buka Perkemahan Pramuka Turle Hero

Editor: Admin author photo
Foto: Humas
Ket: Wakil Bupati Sambas Hj.Hairiah.SH.MH Saat menghadiri perkemahan Pramuka Turle Hero. Sabtu (15/2/2020) di Sungai Belacan. Paloh

Kabarsambas.com- Wakil Bupati Sambas, Hj.Hairiah.SH.MH membuka secara resmi kegiatan Perkemahan Pramuka Penegak-Pendega “Turle Hero” at Wsep- Scout For SDG’s.

Hairiah menyebutkan di tempat berlangsungnya perkemahan tersebut adalah tempat persinggahan habitat penyu, dimana ada sekitar empat dari lima jenis habitat penyu yang ada di Indonesia, ada di Kabupaten Sambas terutama di Kecamatan Paloh.

"Banyak upaya yang sudah di lakukan dengan berbagai macam kegiatan setiap tahun. bekerja sama dengan WWF kemudian Dinas Perikanan dan Kelautan serta berbagai organisasi termasuk Pramuka untuk menyelenggarakan kegiatan Festival Pesisir Tahunan," katanya  di Pos Monitoring Sungai Belacan Paloh, Kabupaten Sambas. Sabtu (15/2/2020).

Hairiah menyebutkan tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk mengampanyekan kecintaan terhadap lingkungan.

"Salah satu tujuannya adalah untuk mengkampanyekan bahwa kita cinta terhadap lingkungan dan cinta untuk menyelematkan habitat penyu supaya tidak musnah," ungkapnya.

Wakil Bupati mengatakan peranan semua pihak penting untuk menjaga keberlangsungan penyu di Kabupaten Sambas.

"Ya, sangat penting untuk bertanggung jawab demi kelangsungan habitat penyu salah satunya dengan tidak memakan telur penyu dan menjadi salah satu orang yang berbicara tentang penyelematan habitat penyu, sikap ini tentu bisa dikatakan menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan luas tentang penyelamatan habitat Penyu karena kita tau bahwa siklus kehidupan habitat penyu sangat rentan sekali," jelasnya.

Hairiah menyebutkan kesadaran dari semua pihak termasuk remaja dan pemuda penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan penyu di Kabupaten Sambas.

"Jika tidak ada kesadaran dari diri kita sendiri terhadap lingkungan terutama lingkungan habitat penyu, kehidupannya akan menjadi lamban dan bisa saja akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

"Dan semangat para peserta Pramuka dalam melakukan perlindungan terhadap habitat penyu dan berikrar menjadi hero penyelematan lingkungan terutama penyelamatan habitat penyu," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini