-->

Dorong Hilirisasi Pertanian

Editor: Admin author photo
Erwin Johana

Kabarsambas.com-Upaya untuk mendorong hilirisasi industri pertanian harus digalakkan. Hal ini dikarenakan potensi pertanian dikabupaten Sambas sangat besar.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana mengatakan potensi pertanian di Kabupaten Sambas yang sangat besar terutama di bidang pertanian padi, adalah sebagai magnet tersendiri bagi Kabupaten Sambas. Apalagi setiap tahunnnya Sambas di kenal sebagai lumbung pangan Kalimantan Barat.

"Ya, kita selama ini di kenal sebagai lumbung pangan Kalimantan Barat, tapi kita belum punya merk beras tersendiri. Padahal potensi kita besar," katanya. Jum'at (14/2/2020)

Sehingga Kedepannya pemerintah Kabupaten Sambas memang perlu mendorong kehadiran sebuah industri pengolahan padi, yang dikemas menjadi beras lokal Kabupaten Sambas.

"Maka saya mendorong, agar kita kedepan bisa punya beras lokal yang di kemas dengan baik. Nantinya bisa jadi produk unggulan kita, yang bisa kita jual di Kabupaten-kota di Kalbar, dan bahkan bisa kita impor melalui PLBN Aruk," ungkapnya.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menginginkan agar ada peran dari pihak swasta yang bisa bersama-sama mengelola potensi pertama di Kabupaten Sambas.

"Saya berkeyakinan ada investor yang ingin mengelola potensi pertama kita. Apalagi untuk membuat industri pengolahan padi menjadi beras yang sudah di kemas, saya yakin banyak yang mau, maka tugas kita adalah memastikan bagaimana kualitas padi kita, pecahan berasnya berapa persen, berapa kali dalam setahun bisa panen, dan mampu tidak memenuhi kebutuhan dunia industri, dan juga pasar di Kalbar," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini