Tiga Warisan Budaya Tak Benda Sambas Diakui

Editor: Admin author photo

Foto: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menerima sertifikat Warisan tak benda Indonesia dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. Diserahkan langsung oleh Gubernur Kalbar, H Sutarmidji SH. MHum. Selasa (28/1/2020)
Kabarsambas.com-Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH menerima sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji SH MHum.

Penyerahan sertifikat itu digelar di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, pada Upacara HUT Pemerintah Provinsi Kalbar Ke-63 Tahun 2020, Selasa (28/1/2020).

Ada tiga sertifikat yang diterima Bupati mengenai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk Kab Sambas. Yakni Budaya Saprahan, Seni Tari Ratip Saman dan Seni Tari Tandak Sambas.

"Alhamdulillah, sertifikat ini memberikan pengakuan terhadap eksistensi budaya tak benda yang dimiliki Kab Sambas," katanya.
Atbah juga mengajak masyarakat Kabupaten Sambas bangga dengan warisan seni budaya yang dimiliki, sehingga Masyarakat harus tahu seni budaya yang ada dilingkungannya.

Pada HUT Pemprov tersebut, tokoh budaya Kabupaten Sambas A.Muin Ikram juga didaulat penghargaan dari Gubernur Kalbar. Camat Sambas, meraih kecamatan Teladan Terbaik Pertama.

Pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kalbar, wakil Kabupaten Sambas berhasil meraih point maksimal. SDS Amkur Sambas juara 2 LSS Prov Kalbar dan SMPN 1 Sambas juara Pertama LSS Prov Kalbar.

"Kita patut bersyukur, momentum HUT Pemerintah Provinsi, Kabupaten kita berhasil meraih beberapa capaian prestasi. Ini menunjukkan keberkahan dari Allah SWT." tuturnya.

Bupati berharap hal yang telah dicapai, dapat dipertahankan. Mengenai warisan budaya tak benda, Bupati meminta dinas terkait, konsisten memasyarakatkan dan membudayakan warisan itu.
"Jika bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi. Mari bantu pemerintah melestarikan seni dan budaya yang kita miliki, dan menjadi kebanggaan tersendiri," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini